Terkait Informasi Pertahanan, Mahfud MD: Tak Ada Rahasia Negara yang tersebut Dibongkar di area Debat Capres

Terkait Berita Pertahanan, Mahfud MD: Tak Ada Rahasia Negara yang yang disebutkan Dibongkar dalam area Debat Capres

Rodafakta.com – JAKARTA – Menteri Koordinator Politik, Hukum, kemudian Keselamatan (Menko Polhukam), Mahfud MD menyampaikan, tidak ada ada satu pun rahasia negara yang mana ditelanjangi pada hadapan masyarakat di dalam debat capres, pada Akhir Pekan (7/1/2024).

Debat capres atau debat Pilpres 2024 yang dimaksud ketiga, disebut oleh salah satu paslon sebagai bagian dari rahasia negara, sehingga tidak ada dimungkinkannya untuk dibuka datanya di tempat hadapan publik.

Mahfud MD yang mana juga Cawapres nomor urut 3 yang disebutkan mengatakan, tidaklah ada satu pun data yang mana bersifat rahasia, diungkap di debat kemarin. Dia pun menyebutkan, apa yang dimaksud dengan data sebagai rahasia negara seperti data intelijen atau strategi perang.

“Kalau bicara tentang anggaran, bukanlah rahasia negara. Tidak ada, dari yang kemarin yang dimaksud harus dirahasiakan pertanyaannya. Kalau saya ya, kan saya mantan Menteri Keamanan juga. Mana yang rahasia?” kata Mahfud usai mengikuti Rapat Paripurna Kabinet pada Istana Negara, Jakarta, Selasa (9/1/2024).

Mantan Menteri Defense di area masa kabinet Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu mengungkapkan, pemaparan data di debat yang bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, kemudian geopolitik itu, belaka merinci data yang digunakan bersifat alutsista serta anggaran negara di dalam bidang pertahanan.

Baginya, selama tidak ada menyentuh ranah strategi pertahanan, keperluan pengungkapan data di tempat ruang tertutup sifatnya adalah berembuk, tidak debat.

“Tidak ada dari pertanyaan itu yang harus mengungkap rahasia negara. Itu bisa saja dibuka pada masyarakat lantaran bukanlah persoalan strategi pertahanan. Itu kan perihal alutsista. Enggak bisa jadi dibicarakan dalam ruang tertutup. Kalau di dalam ruang tertutup namanya rembukan, tidak debat,” jelas Mahfud.

Baca juga:  Nikita Mirzani Berani Banget! Bilang Begini ke Megawati Soekarnoputri

Diketahui,penjelasan Mahfud ini secara tidaklah segera mengkritisi jawaban capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang tersebut mengusulkan agar data perihal alutsista dibahas di forum terpisah, ketika hal itu ditanyakan oleh capres nomor urut 1 Anies Baswedan juga capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Lebih Lanjut, Mahfud MD menanggapi pernyataan Presiden Jokowi yang mana menyampaikan debat Pilpres 2024 pada Hari Minggu (7/1/2023) waktu malam hanya sekali saling serang antar capres. Jokowi juga mengungkapkan tidaklah ada substansi visi yang disampaikan ketika debat.

“Ya mungkin saja kalau penilaian Presiden, kalau saya sih enggak,” kata Mahfud.

(Sumber:Sindonews)