Bisnis  

Tekfin Dinilai Jadi Solusi Jangkau Akses Keuangan Komunitas Pelosok

Tekfin Dinilai Jadi Solusi Jangkau Akses Keuangan Komunitas Pelosok

Rodafakta.com – Kehadiran Teknologi Finansial (tekfin) menjadi sorotan juga diperlukan di tempat masyarakat. Pasalnya, tekfin membantu warga yang tersebut belum tersentuh jasa keuangan.

Meskipun bidang tekfin yang dimaksud kerap menyasar segmen ini adalah bidang tekfin pada negara-negara berkembang, tetapi bidang tekfin di dalam negara forward pun mempunyai basis konsumen yang mana tak kalah besar dari segmen ini.

Salah satu tekfin, DANA juga berfokus untuk menciptakan sistem pembayaran dan juga layanan keuangan yang inklusif bagi seluruh publik Indonesia, termasuk individu maupun pelaku usaha yang dimaksud belum mempunyai akun bank.

Menurut ketua eksekutif & Co-Founder DANA Indonesia Vince Iswara mengatakan, penampilan tekfin mengubah perilaku penduduk di tempat Indonesia. Dia menjelaskan, sebelumnya kegiatan rakyat selalu menggunakan uang tunai.

Namun, dengan adanya tekfin, penduduk kekinian justru tambahan nyaman serta berbagai bertransaksi digital.

“Kemudahan yang sejenis juga dirasakan oleh pelaku usaha, yang pada saat ini mulai masuk ke habitat sektor ekonomi digital. Dengan teknologi finansial, dia dapat mengatur keuangan mereka pada waktu yang singkat,” kata beliau pada konferensi pers yang mana dikutipkan Hari Jumat (19/1/2024).

Baca Juga: Akhir Tragis Budi Said: Crazy Rich Surabaya yang dimaksud Terjerat Kasus Jual Beli Emas Antam

Vince melanjutkan, perusahaan juga terus meninjau tren peningkatan yang mana positif dari pemanfaatan teknologi finansial baik bagi individu maupun pelaku usaha. Bahkan, pemanfaatan teknologi finansial terbukti mampu bertahan dan juga bertumbuh kuat pada masa penuh ketidakpastian seperti pandemi hingga hari ini.

“Kami mencatatkan data peningkatan kegiatan DANA meningkat lebih tinggi dari 100 persen disertai dengan meningkatnya jumlah total UMKM mitra DANA Bisnis sebesar lebih besar dari 30 persen, apabila dibandingkan dengan tahun lalu (YoY). Bahkan, salah satu pemenang kegiatan SisBerdaya yaitu Dituta, merasakan peningkatan sebesar 900 persen dengan hasil penjualan mencapai 90 juta, melonjak tinggi dari hasil penjualan 10 jt per bulan sebelum mengikuti program,” imbuh dia.

Baca juga:  Tekfin Dinilai Jadi Solusi Jangkau Akses Keuangan Publik Pelosok

Banyak faedah yang dimaksud dirasakan oleh individu maupun pelaku usaha dengan hadirnya teknologi finansial, secara tidaklah dengan segera mengambil bagian memudahkan penduduk untuk mengakses berbagai produk-produk lalu layanan keuangan digital.
Vince menyebut, perusahaan tak lupa mengedukasi pengguna untuk mengetahui tambahan di tentang layanan keuangan digital, seperti asuransi hingga investasi. Edukasi pun tak belaka dilaksanakan di area kota-kota besar saja, tetapi juga di dalam berbagai tempat di area wilayah Indonesia agar warga memahami betul khasiat teknologi finansial pada menyejahterakan hidup serta usahanya.

Temuan-temuan DANA yang dimaksud berjalan linier dengan peningkatan kinerja operasi dunia usaha lalu keuangan digital di tempat Indonesia maupun bidang tekfin global. Pada November 2023, nilai operasi Uang Elektronik (EU) meningkat 16,95 persen (YoY) mencapai Rp41,30 triliun.

Baca Juga: Subsidi Tenaga Bengkak, eksekutif Diminta Fokus Pada Kepentingan Publik Luas

Sementara itu, berdasarkan hasil penelitian ini, sektor tekfin mengalami pertumbuhan konsumen rata-rata pada melawan 50 persen lintas vertikal bidang juga wilayah global. Dari dari data survei, tingginya permintaan konsumen menjadi faktor utama pertumbuhan, dalam mana tambahan dari setengah tekfin yang tersebut berpartisipasi pada survei (51 persen) menyebutkan alasan yang digunakan sama.

Dalam kaitannya untuk mengakselerasi inklusi keuangan, Vince memaparkan bahwa kemampuan lalu kebiasaan untuk bertransaksi digital warga di dalam seluruh ekosistem perekonomian digital, mengambil bagian menggalakkan lapangan usaha tekfin berinovasi.

Para pemain di sektor teknologi keuangan terus menciptakan produk-produk dan juga layanan terbaru yang dimaksud memungkinkan rakyat di area berbagai golongan untuk mengakses asuransi serta investasi. Salah satu tindakan adalah dengan mengubah besaran limitasi barang asuransi kemudian investasi, dengan total yang mana minimum.

Baca juga:  Tekfin Dinilai Jadi Solusi Jangkau Akses Keuangan Publik Pelosok

“Lewat pendekatan-pendekatan tersebut, warga akan dengan mudah merasakan kegunaan yang dimiliki teknologi finansial juga menjadikan instrumen ini sebagai bagian dari hidupnya. Konsekuensi positifnya, warga sanggup memasuki gerbang awal menuju penduduk nontunai yang mana inklusif hingga sehat finansial,” pungkas Vince.

(Sumber: Suara.com)