Skandal Paling Rendah dalam Industri Otomotif Selain Kecurangan Uji Tabrak Daihatsu

Skandal Paling Rendah di Industri Otomotif Selain Kecurangan Uji Tabrak Daihatsu

Rodafakta.com – JAKARTA – Skandal uji tabrak yang mana dialami pabrikan otomotif Daihatsu Motor menghebohkan dunia. Dampaknya pun sangat besar. Selain mencoreng nama merek, kerugian yang mana dialami Daihatsu diperkirakan mencapai USD700 jt (Rp10,8 triliun).

Sekarang, Daihatsu sudah ada menyetop sementara distribusi semua model mobilnya yang digunakan diproduksi dalam seluruh dunia. Termasuk, pabrik pabrik Daihatsu dan juga Toyota di tempat Indonesia.

Hal ini dimulai pada 28 April 2023, ketika Daihatsu mengakui telah terjadi melakukan kecurangan pada uji tabrak samping (side collision test) kendaraan yang dimaksud dia kembangkan untuk pangsa ekspor.

Sebulan kemudian, Daihatsu kembali mengumumkan melakukan kecurangan pada proses sertifikasi uji tabrak samping menggunakan tiang (pole side collision test) pada Daihatsu Rocky HEV (Hybrid Electric Vehicle) juga Toyota Raize HEV.

Skandal Terendah pada Industri Otomotif Selain Kecurangan Uji Tabrak Daihatsu

Presiden Daihatsu Motor Co Soichiro Okudaira. Foto: Reuters

Pada 20 Desember 2023 komite independen menyampaikan ada 174 perkara kecurangan yang digunakan diadakan Daihatsu yang mana telah diadakan sejak 1989 kemudian terus meningkat sejak 2014.

Pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) lalu Astra Daihatsu Motor (ADM) di area Indonesia juga terkait dengan skandal ini. Sebab, 7 model yang tersebut diproduksi kedua pabrik yang disebutkan masuk pada daftar model yang tersebut bermasalah.

Rinciannya, Toyota Agya/Wigo, Toyota Avanza, Toyota Raize, Toyota Rush kemudian Daihatsu Xenia yang dimaksud diproduksi ADM. Lalu, ada Toyota Avanza, Toyota Veloz lalu Yaris Cross yang tersebut diproduksi TMMIN.

Avanza (produksi ADM juga TMMIN), Veloz (produksi TMMIN) kemudian Daihatsu Xenia (produksi ADM) dijual di area Indonesia. Sementara sisanya dikirimkan ke pasar internasional ke kawasan ASEAN sampai Amerika Latin.

Ternyata memang benar tak hanya saja skandal Daihatsu Motor belaka yang dimaksud telah terjadi menghebohkan dunia. Ada berbagai sekali skandal di area dunia otomotif yang tersebut terkait dengan keamanan lalu keselamatan. Apa saja?

Baca juga:  Daihatsu juga PBSI Gelar Turnamen Bulutangkis Bertaraf Internasional

1. Takata: Sabuk Pengaman (1995)

Pada 1995, laporan kehancuran sabuk pengaman buatan produsen suku cadang otomotif Negeri Matahari Terbit Takata dikirim ke Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS. Di tahun yang digunakan sama, evakuasi kembali sabuk pengaman diadakan pada lebih tinggi dari 8 jt mobil dari 1986 hingga 1991.

(Sumber:SindoNews)