Tekno  

Rusia Ciptakan Chip Semikonduktor Graphene Terbuat dari Atom

Rusia Ciptakan Chip Semikonduktor Graphene Terbuat dari Atom

Rodafakta.com – MOSCOW – Sekelompok ilmuwan dari National Research Nuclear University MIFI pada Rusia mengumumkan bahwa mereka itu telah dilakukan mengembangkan semikonduktor graphene pertama dalam dunia.

Penemuan ini merupakan terobosan revolusioner di bidang komputasi, oleh sebab itu graphene miliki berbagai keunggulan dibandingkan komponen semikonduktor tradisional, seperti silikon.

Graphene adalah material dua dimensi yang digunakan terdiri dari satu lapisan atom karbon yang tersebut disusun di kisi heksagonal. Material ini miliki banyak keunggulan,

Seperti dilansir dari Wion News, Mobilitas elektron yang mana sangat tinggi, yang dimaksud berarti bahwa elektron dapat bergerak dengan sangat cepat di dalam pada graphene.

Daya tahan yang tinggi, yang dimaksud berarti bahwa graphene dapat menahan tekanan dan juga suhu yang mana tinggi.
Elastisitas yang mana tinggi, yang mana berarti bahwa graphene dapat diubah bentuknya dengan mudah.

Konduktivitas termal yang tersebut tinggi, yang mana berarti bahwa graphene dapat menghantarkan panas dengan sangat baik.

Keunggulan-keunggulan ini menimbulkan graphene sangat cocok untuk digunakan sebagai unsur semikonduktor. Semikonduktor graphene mempunyai prospek untuk meningkatkan kinerja chip komputer secara signifikan, dikarenakan dapat memproduksi chip lebih tinggi cepat, lebih besar kecil, serta lebih besar hemat energi.

Dalam penelitiannya, para ilmuwan dari MIFI menggunakan teknik yang dimaksud disebut “doping” untuk mengubah sifat-sifat graphene menjadi semikonduktor.

Doping adalah proses menambahkan atom asing ke pada struktur material. Dalam persoalan hukum ini, para ilmuwan menambahkan atom molibdenum ke di graphene.

(Sumber:SindoNews)

Baca juga:  Tak Hanya Versi Pro, Realme 12 Juga Siap Meluncur di dalam Pasar Global