Rimac Gandeng Kia Luncurkan Layanan Robotaxi di area Eropa

Rimac Gandeng Kia Luncurkan Layanan Robotaxi di area area Eropa

Rodafakta.com – ZAGREB – Pengembang supercar listrik selama Kroasia Rimac Automobili bekerja mirip dengan Kia segera meluncurkan layanan robotaxi. Rimac ingin mengubah hidup tambahan sejumlah orang dengan pilihan mobilitas listrik yang mudah diakses.

Mate Rimac, pimpinan Rimac Automobili mengatakan, untuk layanan operasi robotaxi akan menggunakan mobil listrik Rimac Nevera. Sistem ini akan beroperasi di jaringan yang dikembangkan Rimac yang dimaksud mencakup pengisian daya, parkir, serta penyimpanan.

Robotaxi yang disebutkan akan berada di tempat bawah merek baru Rimac Group yang dimaksud disebut Project 3. Project 3 berbasis pada Kroasia, dengan pusat penelitian di tempat Inggris, tujuan utamanya memulai pembangunan pabrik robotaxi khusus.

“Robotaxi adalah sebuah mobil tetapi tipenya benar-benar berbeda. Layanannya kemungkinan besar premium, tapi itu tidak ada berarti mahal atau mewah,” kata Rimac untuk Autocar diambil SINDOnews, Rabu (3/1/2024).

Rimac dilaporkan sedang melakukan pembicaraan dengan 20 kota di area Eropa serta Timur Tengah untuk menawarkan layanan tersebut. Robotaxi yang dimaksud diperkirakan akan terungkap tahun depan juga akan beroperasi pada tahun 2026.

Jaringannya akan diperluas ke Jerman serta Inggris pada tahun berikutnya. Kia akan meluncurkan kendaraan listrik barunya yang digunakan dibuat khusus minggu depan.

Produsen mobil yang dimaksud bertujuan menjadikan PBV listrik sebagai bagian inti dari bisnisnya seiring peralihannya menjadi “penyedia solusi mobilitas.”

Setelah menginvestasikan sekitar USD758 jt (1 triliun won), Kia memulai konstruksi pabrik PBV pertamanya (dan pabrik EV khusus pertama) pada Korea Selatan pada bulan April.

Produksi massal diperkirakan akan dimulai pada paruh kedua tahun 2025. Setelah beroperasi, Kia berencana memproduksi 150.000 unit per tahun.

Dengan jaringan “eS” khusus baru untuk PBV lalu sarana untuk membangunnya, Kia dapat berfungsi sebagai mitra utama ketika pembuat Rimac berencana meluncurkan layanan robotaxi.

Baca juga:  China Siap Hadirkan Robot Humanoid Paling Cepat dalam Dunia, Hal ini Detailnya

Didirikan pada tahun 2009, Rimac Automobili berfokus pada pembuatan hypercar listrik paling bertenaga. Startup ini merancang, mengembangkan, serta memproduksi supercarnya sendiri.

(Sumber:SindoNews)