Putri DA Dapat Uang Panai Rp2 Miliar Usai Dinikahi Bos Tambang, Untuk Apa Sih?

Putri DA Dapat Uang Panai Rp2 Miliar Usai Dinikahi Bos Tambang, Untuk Apa Sih?

Rodafakta.com – Pernikahan pedangdut Putri Isnari alias Putri DA dengan bos tambang menyita perhatian publik. Apalagi perempuan berusia 20 tahun itu menerima uang panai total Rupiah 2 miliar. Uang apa itu juga apa syaratnya?

Fakta pemberian uang panai Simbol Rupiah 2 miliar itu, diungkap dengan segera calon mertua Putri DA, Haji Alwi Ruslan yang dimaksud menyinggung uang panai pada waktu lamaran pada Juli 2023 lalu.

“Putri menyampaikan, ini mohon maaf, belaka uang yang digunakan akan diberikan ke Putri sebagian permintaan dua miliar,” tutur Haji Alwi Ruslan diambil dari TikTok yaadz34 pada Hari Sabtu (20/1/2024).

Profil Putri DA (Instagram/@da4_putri03)
Profil Putri DA (Instagram/@da4_putri03)

Disebutkan juga uang panai diberikan bukanlah dengan alasan gengsi, tapi berisi harapan agar anak serta menantunya bahagia pada waktu membina rumah tangga.

“Saya akan wujudkan apa pun lalu bagaimana pun supaya anak saya keduanya akan bahagia. Semoga harapan kita bersatu anak-anak ini selalu bahagia,” lanjutnya.

Pengertian uang panai

Melansir Jurnal Yaqzhan karya Mutakhiran serta Irma pada 2020, menjelaskan uang panai adalah salah satu tradisi selama suku Makassar, yang dimaksud jadi bagian dari suku Bugis.

Tidak seperti pada waktu ini yang digunakan diberikan semata-mata sebagai persyaratan atau tradisi, uang panai pada hakikatnya adalah sebagai bentuk penghargaan juga penghormatan untuk perempuan bangsawan dari seseorang laki-laki yang mana akan meminang perempuan berdarah biru.

Sehingga singkatnya uang panai yaitu biaya yang dikeluarkan untuk membeli darah perempuan bangsawan.

Syarat memberi uang panai

Lantaran uang panai belaka diberikan untuk menikahi perempuan berdarah bangsawan, maka perempuan yang digunakan tidak keturunan bangsawan tidak ada sanggup mendapatkan uang panai dari lelaki yang tersebut hendak meminangnya.

Uang panai cenderung diperhatikan rakyat bisa saja menentukan proses kelancaran pernikahan. Ini adalah dikarenakan nominal uang panai harus lebih lanjut besar jumlahnya dari nominal mahar. Alhasil, berbagai yang menilai uang panai tambahan penting melebihi dengan mahar.

Baca juga:  Putri DA Umur Berapa? Dipinang Anak Bos Tambang dengan Uang Panai Rp2 Miliar

Menariknya, ternyata uang panai mempengaruhi diterima atau dibatalkannya lamaran pernikahan. Apabila uang panai yang tersebut diminta mampu dipenuhi, maka bisa saja jadi kehormatan keluarga perempuan. Kehormatan yang tersebut dimaksud yaitu penghargaan dari pengantin lelaki ke pengantin perempuan.

(Sumber: Suara.com)