Tekno  

Penyebab lalu Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah

Penyebab lalu Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah

Rodafakta.com – JAKARTA – Cara memperbaiki earphone meninggal sebelah bikin netizen penasaran. Selain mengganggu aktivitas juga komunikasi, earphone yang digunakan mati sebelah berpotensi mengganggu pendengaran.

Earphone merupakan salah satu perangkat audio yang dimaksud penting, teristimewa bagi pengguna smartphone yang digunakan hobi mendengarkan musik. Sayangnya, earphone sendiri cukup rentan mengalami kehancuran akibat bentuknya yang kecil.

Untuk earphone berkabel, salah satu kesulitan yang paling banyak terjadi adalah speaker meninggal sebelah. Kesulitan ini menghasilkan tidaklah nyaman ketika mendengarkan musik atau menonton film pada smartphone. Alih-alih beli perangkat baru, kamu dapat kok mencari tahu faktor kemudian cara memperbaiki earphone mati sebelah.

Penyebab Earphone Mati Sebelah

Penyebab earphone meninggal sebelah bisa jadi dikarenakan kabel yang tersebut tertekuk. Hal ini terjadi lantaran kebiasaan buruk pengguna yang tersebut kerap kali menekuk kabel. Selain kabel tertekuk, periksa apakah kabel terpotong. Sebab, kabel yang tersebut terpotong menyebabkan terputusnya transmisi pernyataan dari ke jack earphone.

Pastikan pula kabel tidak ada terkelupas yang dimaksud apabila dibiarkan terus-menerus, earphone akan berhenti bekerja secara tiba-tiba. Bila ditemukan bagian yang digunakan terkelupas, segera isolasi.

Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah

Setelah mengetahui penyulut earphone tertutup sebelah, saat ini saatnya kamu mengetahui cara memperbaikinya. Earphone yang mana berakhir sebelah akan menghasilkan kembali pendapat yang tersebut belaka terdengar di area salah satu sisi earphone, baik itu bagian kiri atau kanan. Jika kamu mengalami hal tersebut, langkah-langkah yang digunakan harus dilaksanakan adalah:

1. Meluruskan Kabel Earphone

Pertama yang harus diadakan adalah memeriksa bagian kabel untuk mencari tahu bagian mana yang digunakan diperkirakan rusak. Cara yang digunakan umum untuk mengatasi earphone mati sebelah adalah dengan menekuk, memutar, meluruskan hingga menyesuaikan kedudukan kabel agar audio mampu terhubung kembali melalui kabel earphone.

Baca juga:  Update iOS 17.4.1, Ada Bocoran Fitur Terbarunya

2. Memperbaiki Bagian Speaker

Tak hanya sekali disebabkan oleh kabel, earphone mati sebelah bisa saja semata terjadi akibat kerusakan yang digunakan berasal dari speaker. Sehingga, belaka tersisa satu speaker yang tersebut dapat berfungsi. Cara untuk memperbaiki earphone meninggal sebelah adalah dengan memeriksa kondisi speaker pada bagian dalamnya.

Jika terdapat kabel putus pada chip, langkah selanjutnya adalah menyambungkannya dengan timah juga solder. Hal yang disebutkan harus dijalankan dengan sangat hati-hati. Jika proses penyambungan sudah ada selesai, kamu dapat menangguhkan kembali speaker dengan perlahan agar tidak ada patah.

3. Hubungkan ke Gadget Komputer

Kerusakan pada earphone sanggup diakibatkan oleh pengaturan audio yang tersebut salah. Untuk memperbaikinya, kamu mampu segera menuju pengaturan audio dan juga mengubah output audio dari stereo menjadi mono.

Bagi pengguna Windows, kamu cuma perlu men-klik Setting pada menu Start, pilih Ease of Access serta pilih audio hingga muncul laman pengaturan audio. Langkah selanjutnya, silakan geser toggle ke kanan untuk mengubah stereo ke mono lalu cek kembali earphone dengan memutar musik pada komputer.

4. Periksa Konektor 3.5mm

Konektor merupakan bagian vital pada earphone sehingga apabila konektor terputus, maka earphone meninggal sebelah lantaran tidaklah mampu memunculkan suara. Membeli konektor jack yang digunakan baru berukuran 3.5 mm sanggup menjadi solusi efektif. Setelah itu, sambung konektor dan juga kabel menggunakan selotip dengan hati-hati.

Pastikan tidak ada ada bagian yang dimaksud terkelupas supaya terhindar dari tegangan listrik ketika menggunakannya. Dalam hal ini, kamu memang sebenarnya harus melakukannya secara teliti sehingga earphone tak sepenuhnya rusak lalu sanggup digunakan kembali.

5. Bersihkan Jack 3.5mm

Mungkin salah satu alasan earphone kamu terhenti sebelah oleh sebab itu bagian jack headset yang digunakan kotor. Bagian jack headset adalah penghubung antara earphone dengan perangkat. Jika terkena kotoran, debu, atau air akibat diletakkan di area sembarang tempat, hal ini dapat menyebabkan earphone yang disebutkan bukan mampu berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca juga:  Sistem Operasi HarmonyOS Huawei Diprediksi Ungguli iOS di dalam China pada 2024

Anda sanggup menggunakan kapas untuk membersihkan jack earphone. Pastikan tak ada sisa kapas yang tersebut tersisa. Menggunakan cotton bud dengan alkohol juga disarankan, tapi pastikan jangan sampai terlalu basah, sebab jack headset sanggup berkarat.

Itulah cara memperbaiki earphone meninggal sebelah. Dapatkan gadget lengkap dengan aksesorisnya di dalam AladinMall . Nikmati prasarana Gratis Ongkir tanpa batas kemudian promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi mobile AladinMall dalam Play Store dan App Store . Jangan lupa untuk mengunjungi Blog AladinMall untuk mendapatkan berbagai informasi, tips lalu review barang kebutuhanmu.

Hari ini, pukul 17.30 Waktu Indonesia Barat ada nilai spesial live AladinMall di dalam perangkat lunak RCTI+. Yuk, join lalu belanja sepuasnya dalam jeda iklan!

(Sumber:SindoNews)