Bisnis  

Nyolong Ikan di dalam Laut RI, Ganjar Siap Tenggelamkan Kapal Eksternal Ilegal

Nyolong Ikan di area pada Laut RI, Ganjar Siap Tenggelamkan Kapal Eksternal Ilegal

Rodafakta.com – CILACAP – Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo berbicara mengenai praktik penangkapan ikan secara ilegal atau ilegal fishing yang mana terjadi di dalam Indonesia. Ketika menjadi Presiden, beliau berjanji akan mengatasi persoalan tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Ganjar ketika berdialog dengan nelayan Cilacap dalam kantor Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia atau HNSI Cilacap, Selasa (9/1/2024).

Ganjar mengatakan, laut Indonesia merupakan sebuah sektor yang digunakan sangat penting. Apalagi, Indonesia merupakan negara maritim.

“Kenapa kelautan kita penting? Pertama negara kita adalah negara maritim. Laut kita luas, budaya kita melaut luar biasa pulau kira banyak pariwisata berbagai lalu perikanan juga banyak,” ujar Ganjar.

Ganjar pun sangat menyoroti keamanan sektor laut Indonesia pada waktu debat ketiga Pilpres, Hari Minggu (7/1/2024) kemarin. Diketahui tema debat ketiga ialah Pertahanan, Keselamatan Hubungan Internasional, Globalisasi, geopolitika juga Politik Luar Negeri.

Menurut Capres yang identik dengan rambut putih ini, sektor laut Indonesia harus mendapatkan penjagaan ekstra dikarenakan praktik illegal fishing.

Saat menjadi Presiden, Ganjar pun akan kembali menenggelamkan kapal asing yang digunakan diketahui menangkap ikan di area laut Indonesia secara ilegal.

“Laut sangat luas mesti dijaga, mesti oleh sebab itu catatan kami wabilkhusus perikanan juga diambil orang. Ada namanya penangkapan ikan secara ilegal, saya setuju dengan Bu Susi (mantan Menteri KKP) dulu. (Kalo) mencuri ilegal, tenggalamkan!,” tegas Ganjar.

(Sumber:SindoNews)

Baca juga:  Kenang ketika Jadi Gubernur Jateng, Ganjar: Suka Menginap dan juga Bedah Rumah Warga