Mobil Terendam Banjir, Cek Bagian Penting Hal ini Agar Tetap Aman Digunakan

Mobil Terendam Banjir, Cek Bagian Penting Hal ini Agar Tetap Aman Digunakan

Rodafakta.com – JAKARTA Mobil yang digunakan terendam banjir berisiko besar mengalami kecacatan pada bagian mesin serta beberapa komponen lain. Bagian yang mana perlu diperhatikan ketika mobil terendam banjir adalah power steering oleh sebab itu berfungsi sebagai sistem kendali.

Kepala Mekanik Shop N Drive Ponty menjelaskan bahwa power steering perlu diperhatikan ketika mobil terendam banjir. “Power steering yang tersebut terendam banjir bisa jadi menyebabkan kehancuran secara perlahan,” katanya, Selasa (2/1/2024).

Ponty mengatakan, power steering yang mana tidaklah segera dibersihkan setelahnya mobil terendam banjir sanggup menghasilkan pelumas hilang. Bahkan, bisa jadi menyebabkan karatan serta sistem tidaklah bekerja dengan baik.

“Tergantung dari kondisi perangkat power steering sendiri. Untuk gejalanya biasanya putaran setir menjadi berat, bunyi berdecit ketika setir dibelok-belokkan kemudian terdapat rembesan oli,” ujar Ponty.

Untuk sebagian besar mobil ketika ini, power steering sudah ada menggunakan sistem elektronik. Meskipun mempunyai seal pengaman, tapi Electric Power Steering (EPS) dapat rusak jikalau modulnya terendam air.

“Untuk yang tipe elektrik yang tersebut menggunakan motor penggeraknya pada bawah setir lebih besar aman jika dibandingkan dengan yang dimaksud motor penggeraknya di area bagian rack steer. Kebanyakan kendaraan sekarang sudah ada memakai motor yang dimaksud pada bawah setir, tapi tiada menangguhkan kemungkinan dapat terjadi kehancuran akibat terendam banjir,” ucap Ponty.

Jika hal yang dimaksud telah terjadi, Ponty mengungkapkan power steering perlu diservis untuk diganti pelumas dan juga modul untuk yang mana telah elektrik. Namun, Ponty menyarankan untuk menggantinya agar bisa saja bekerja maksimal.

“Tergantung dari kerusakannya, apabila masih ada yang digunakan bisa saja diservis lalu kondisi belum terlalu parah maka tak perlu diganti. Tapi, jikalau mau lebih banyak optimal telah pasti perlu diganti,” ungkap Ponty.

Baca juga:  Lamborghini Siap Telurkan Mobil Listrik, Daya Melimpah Tembus 1000 BHP

Genangan air jelas berbahaya bagi mobil dikarenakan dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa komponen. Untuk itu, sebisa kemungkinan besar hindari genangan air lalu mencari rute alternatif yang tersebut aman dari banjir.

(Sumber:sindoNews)