Menko Polhukam Pastikan Situasi Aman selama pemilihan raya 2024: Ada Unjuk Rasa tapi Skala Kecil

Menko Polhukam Pastikan Situasi Aman selama pemilihan raya 2024: Ada Unjuk Rasa tapi Skala Kecil

Rodafakta.com – JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, juga Security ( Menko Polhukam ) Hadi Tjahjanto memastikan, situasi nasional masih kondusif selama proses pemilihan 2024. Hal ini mulai dari proses pencoblosan hingga penghitungan suara.

Di sisi lain, Hadi tidaklah menampik bahwa ada beberapa orang pergerakan massa yang tersebut menolak pemilihan raya 2024 sebab menilai ada kecurangan yang mana bersifat terstruktur, sistematis, kemudian masif (TSM). Namun menurutnya, aksi yang disebutkan masih di skala kecil.

“Permasalahan-permasalahan yang digunakan dikatakan tadi unjuk rasa itu memang benar ada, tapi saya komunikasikan skalanya masih kecil juga memang benar kecil menuju sedang,” kata Hadi pada waktu konferensi pers di tempat Kantor Kemenko Polhukam, Ibukota Pusat, Hari Jumat (15/3/2024).

Untuk itu kata Hadi, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan kementerian lalu lembaga terkait, guna mengantisipasi eskalasi aksi massa.

“Kami juga terus mengantisipasi dengan Kepolisian juga TNI untuk bisa saja menghindari mengamankan supaya tak terjadi eskalasi yang lebih lanjut besar,” katanya.

Bahkan, kata Hadi, pihaknya juga berkoordinasi dengan Badan Intelijen Negara (BIN) serta Badan Intelijen Vital (BAIS), untuk memantau pergerakan aksi massa.

“Dan intelijen baik dari KaBin, Bais terus memantau perkembangan yang dimaksud untuk tetap memperlihatkan menjaga situasi tetap memperlihatkan kondusif seperti pada waktu ini,” tutupnya.

Baca juga:  Menginap pada Rumah Warga, Ganjar Akui Selalu Tidur Nyenyak di dalam Mana Saja