Mengenal Teknologi e-Platform 3.0 juga 8-in-1 Powertrain Milik BYD

Mengenal Teknologi e-Platform 3.0 juga 8-in-1 Powertrain Milik BYD

Rodafakta.com – JAKARTA – Mengawali usaha sejak 1995 sebagai perusahaan baterai, Build Your Dreams atau BYD punya teknologi yang digunakan terbilang canggih di area mobil listrik.

Salah satunya, e-platform 3.0 lalu 8-in-1 powertrain yang digunakan ditanam di dalam ketiga kendaraan listrik yang tersebut telah diresmikan dalam Indonesia, yakni BYD Dolphin, BYD Atto 3, serta BYD Seal.

Chief Advisor BYD Japan Tatsuya Mikami mengatakan bahwa teknologi 8-in-1 powertrain dan juga e-platform ini mewakili pencapaian luar biasa di dunia otomotif. Nah, apa sekadar kelebihannya?

Kelebihan Teknologi e-platform 3.0

Mengenal Teknologi e-Platform 3.0 serta 8-in-1 Powertrain Milik BYD

Huruf “E” pada depan kata jaringan menunjukkan koneksi elektrik. Sementara bilangan bulat 3.0 di dalam belakangnya dikarenakan terintegrasi dengan blade battery. Ada 4 keunggulan utama e-platform 3.0. Pertama, mengenai keamanan. Desain bodi kokoh dengan penyimpan daya terintegrasi, meningkatkan kekuatan dan juga stabilitas.

Keamanan e-platform 3.0 juga ditunjang dengan estetika bodi mobil yang tersebut lebih tinggi rendah kemudian basis roda lebih besar panjang.

Kedua, efisiensi. Sistem tenaga listrik 8-in-1 pertama di dalam dunia dengan klaim efisiensi 89%, meringankan bobot kemudian meningkatkan performa.

Ketiga kenyamanan, sistem terintegrasi memberikan pengalaman berkendara mulus lalu responsif. Desain lantai yang mana datar meningkatkan stabilitas. e-platform juga mampu mengatur suhu sel dengan efektif bahkan pada kondisi cuaca ekstrem. Sehingga bisa jadi menunda jangkauan kendaraan

Terakhir adalah estetika. Desain aerodinamis serta ruang kabin yang tersebut luas. Dalam merancang e-platform 3.0, BYD mengintegrasikan motor, gearbox, inverter, konverter DC/DC, kemudian komponen penting lainnya ke di satu unit, memberikan keuntungan merupakan penghematan ruang pada bodi mobil.

Pendekatan ini bukan hanya sekali menghurangi berat kendaraan juga meningkatkan efisiensi, juga memaksimalkan ruang kabin.

Baca juga:  Animo Pengguna Indonesia Terhadap BYD Seal Menjanjikan

Teknologi 8-in-1 powertrain

Mengenal Teknologi e-Platform 3.0 dan juga 8-in-1 Powertrain Milik BYD

Teknologi 8-in-1 powertrain BYD mencakup BMS, VCU (Vehicle Control Unit), inverter, PDU (Power distribution unit), OBC (On Board Charger) yang tersebut digabung menjadi satu unit, kemudian gearbox/e-motor di unit lain. Pemisahan komponen dilaksanakan pada semua perangkat kecuali gearbox serta e-motor.

Integrasi di dalam 8-in-1 powertrain BYD memberi efisiensi sistem sebesar 89%, mencakup fungsi mengemudi juga pengereman, dengan pengendali domain powertrain canggih untuk respon cepat juga pemanfaatan penuh motor listrik.

Ada dua keuntungan 8-in-1 powertrain, mulai ukuran efisien dengan ruang yang dimaksud lega sebagai rumah dari komponen-komponen, dan juga dari segi biaya.
Karena BYD menyebabkan semua komponen secara in-house, nilai tukar produksi dapat tambahan terjangkau kemudian akan menguntungkan costumer.

Sistem Manajemen Thermal

E-platform 3.0 memiliki dua sistem manajemen thermal, yakni mengatur suhu kabin dan juga baterai. Pada kendaraan konvensional, sistem manajemen thermal adalah mekanisme yang tersebut mengatur suhu di dalam ruangan.

Kendaraan BYD dilengkapi sistem pengaturan udara yang digunakan tidak ada semata-mata mengatur suhu pada pada ruangan, tetapi juga mengatur suhu baterai. Sistem pengendalian suhu berfungsi tiada semata-mata pada waktu mobil dinyalakan, tetapi juga pada waktu sedang pengisian daya cepat.

Sehingga memberi kinerja pengisian stabil juga stabilitas jangkauan. Proses pendinginan elemen penyimpan daya yang disebutkan tiada menggunakan air, tetapi menggunakan air conditionerataugas.