Mengapa Ban Depan dan juga Belakang Motor Beda Ukuran?

Mengapa Ban Depan serta juga Belakang Motor Beda Ukuran?

Rodafakta.com – JAKARTA – Alasan ban depan serta ban belakang motor yang digunakan berbeda ukuran penting untuk dipahami. Mungkin sederhana, tapi mampu jadi berbagai yang belum mengetahui.

Selain untuk memudahkan laju serta manuver, ban motor juga berfungsi untuk meredam guncangan kemudian menopang beban berat pada waktu sepeda gowes motor dikendarai, baik sendiri maupun berboncengan.

Selain itu, pemakaian ban yang digunakan tepat juga dapat membantu meningkatkan faktor kenyamanan lalu keselamatan berkendara. Di sisi lain, ban motor juga membantu menyempurnakan tampilan sehingga karakter setiap tipe serta model sepeda gowes motor terlihat semakin kuat. Seperti motor sport, cub atau bebek, matic juga trail dimana setiap tipe lalu model yang dimaksud punya karakteristik lalu kemampuan berbeda.

“Karena itu, setiap tipe sepeda gowes motor menggunakan ukuran lalu model ban yang dimaksud berbeda sesuai karakter dan juga kemampuannya. Misalnya, motor matic akan menggunakan model dan juga ukuran berbeda dengan motor trail lantaran kedua motor ini punya kemampuan jelajah berbeda,” tulis keterangan dari website Astra Honda Motor (AHM).

Mengapa Ban Depan lalu Belakang Motor Beda Ukuran?


Pada Honda CRF 150L, misalnya, ban depannya memakai ukuran 21 inci. Sedangkan dalam belakang ukurannya 18 inci.

Ukuran lingkar ban depan yang digunakan lebih lanjut besar bertujuan untuk daya redam guncangan yang mana tambahan baik, sedangkan ban belakang didesain lebih besar kecil berfungsi membantu kelincahan motor pada waktu berbelok.

Ban depan motor juga berfungsi untuk membantu grip ketika berbelok atau bermanuver. Sedangkan fungsi ban belakang tambahan untuk kestabilan.

Pada pada waktu kita membelokkan motor, ban depan yang digunakan punya fungsi lebih. Sementara untuk menahan beban, ban belakang punya peran lebih lanjut banyak. Karena perbedaan fungsi itulah, seringnya pola tapak ban depan dan juga belakang berbeda.

Baca juga:  Berikut Cara Mencari Lokasi Tambal Ban Terdekat ke Google Maps

Tidak cuma itu, komposisi ban depan maupun belakang juga lain. Secara struktur biasanya ban depan tambahan lunak, sedangkan ban belakang lebih lanjut keras.

Ada beberapa alasan mengapa ban depan dan juga belakang pada sepeda gowes motor mempunyai ukuran yang digunakan berbeda:

1. Fungsi kemudian Kinerja

Ban depan lalu belakang miliki tugas yang berbeda. Ban depan bertanggung jawab untuk memberikan kontrol arah lalu menangani sebagian besar beban pengereman, sementara ban belakang memberikan traksi yang digunakan diperlukan untuk mempercepat lalu menangani berat badan pengendara lalu muatan.

2. Desain Kendaraan

Desain geometri dan juga distribusi berat pada sepeda gowes motor mempengaruhi pemilihan ukuran ban. Ban depan cenderung tambahan kecil untuk memberikan manuverabilitas yang baik dan juga respon di mengendalikan arah, sementara ban belakang lebih besar besar untuk menangani tenaga dari mesin kemudian memberikan stabilitas pada kecepatan tinggi.

3. Fungsi pada Keamanan

Ukuran yang digunakan berbeda pada ban depan serta belakang membantu pada menjaga keseimbangan kendaraan. Ban yang mana lebih lanjut kecil di dalam depan membantu di manuverabilitas ketika melakukan belokan, sementara ban yang tersebut tambahan besar di area belakang memberikan stabilitas serta traksi yang diperlukan.

4. Optimalisasi Performa

Ukuran ban yang tersebut berbeda juga dapat dioptimalkan untuk menangani kondisi jalan tertentu. Ban depan kemungkinan besar lebih tinggi sempit agar lebih banyak responsif terhadap pembaharuan arah dan juga permukaan jalan, sementara ban belakang yang mana lebih banyak lebar dapat meningkatkan traksi teristimewa pada akselerasi.

Ban depan yang dimaksud lebih banyak kecil mempunyai beberapa keunggulan, antara lain:

1. Mengembangkan kelincahan. Ban depan yang mana lebih tinggi kecil akan menimbulkan motor tambahan mudah dikendalikan, teristimewa ketika berbelok.
2. Mengembangkan akselerasi. Ban depan yang tersebut lebih tinggi kecil akan memberikan traksi yang digunakan lebih lanjut baik pada waktu akselerasi, sehingga motor dapat berakselerasi lebih banyak cepat.
3. Mengembangkan pengereman. Ban depan yang tersebut lebih tinggi kecil akan memberikan daya pengereman yang lebih tinggi baik, sehingga motor dapat berhenti lebih lanjut cepat.

Baca juga:  Mau Ganti Ukuran Ban Mobil? Simak Dulu Fakta Penting Berikut Ini adalah

Sedangkan ban belakang yang mana lebih banyak besar miliki beberapa keunggulan, antara lain:

1. Menguatkan stabilitas. Ban belakang yang dimaksud lebih besar besar akan menghasilkan motor lebih lanjut stabil pada waktu berbelok juga melaju di kecepatan tinggi.
2. Mengoptimalkan tenaga. Ban belakang yang mana tambahan besar akan memberikan tenaga yang lebih besar besar ketika berakselerasi, sehingga motor dapat melaju lebih tinggi cepat.
3. Menguatkan traksi. Ban belakang yang digunakan lebih tinggi besar akan memberikan traksi yang mana lebih besar baik pada waktu melaju di dalam permukaan yang licin, seperti aspal basah atau tanah basah.

Oleh sebab itu, pabrikan motor mendesain ban depan juga belakang dengan ukuran yang mana berbeda untuk memenuhi fungsi masing-masingban.

(Sumber:SindoNews)