Tekno  

Mayoritas Ilmuwan Percaya Kecerdasan Buatan Akan Bikin Punah Manusia

Mayoritas Ilmuwan Percaya Kecerdasan Buatan Akan Bikin Punah Individu

Rodafakta.com – JAKARTA – Semakin populernya artificial intelligence (AI) atau kecerdasan kecerdasan buatan mengakibatkan perasaan khawatir bagi umat manusia. Sebagian besar ahli bahkan menganggap Artificial Intelligence dapat menyebabkan kepunahan manusia.

Berdasarkan survei yang dimaksud melibatkan 2.778 ilmuwan AI, sebagian besar dari mereka (58%) percaya ada 5% kemungkinan kepunahan manusia atau akibat bencana lainnya akibat AI. Para ilmuwan yakin Artificial Intelligence akan mengungguli manusia di 20 tahun ke depan.

“Ini adalah sinyal penting bahwa sebagian besar ilmuwan Teknologi AI merasa sangat bukan masuk akal bahwa Teknologi AI canggih menghancurkan umat manusia,” kata penulis survey, Katja Grace, dari Machine Intelligence Research Institute di area Berkeley, California, disitir dari New York Post, Hari Minggu (7/1/2024).

“Saya pikir keyakinan umum terhadap risiko yang mana tak terlalu kecil ini berjauhan lebih banyak tepat dibandingkan persentase risiko yang digunakan sebenarnya,” lanjutnya.

Sekitar 50% ilmuwan bahkan berpendapat Kecerdasan Buatan bisa saja menyelesaikan contoh tugas yang tersebut sangat spesifik di satu dekade kedepan. Misalnya cuma menulis lagu dengan kualitas yang dimaksud setara dengan penyanyi kondang, Taylor Swift.

Beruntung untuk tugas-tugas yang mana lebih besar rumit, seperti memasang kabel listrik atau memecahkan misteri matematika, diperkirakan membutuhkan waktu lebih banyak lama untuk diselesaikan. Tapi kemampuan ini juga masih mampu berprogres di tempat masa depan.

Kemungkinan Artificial Intelligence mengungguli manusia pada setiap tugas pada tahun 2047 diperkirakan sebesar 50%, serta kemungkinan semua pekerjaan manusia menjadi sepenuhnya otomatis pada tahun 2116 adalah sebesar 50%.

Survei tersebut, yang mana merupakan survei terbesar hingga pada waktu ini, mengundang para peneliti untuk memberikan pendapat mereka mengenai garis waktu kemajuan kemudian pencapaian Artificial Intelligence di area masa depan, juga dampak sosial, baik kemudian buruk, dari AI.

Baca juga:  Microsoft Umumkan Tes Copilot Teknologi AI Windows 11 Akan Segera Hadir

Hasil survei ini, pada mana melibatkan sejumlah ilmuwan, jelas menjadi sangat menakutkan.

(Sumber:SindoNews)