Mahfud MD Dorong Pesantren Bisa Dirikan Universitas

Mahfud MD Dorong Pesantren Bisa Dirikan Universitas

Rodafakta.com – JAKARTA – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD berikrar untuk menggerakkan kemajuan pondok pesantren (ponpes). Salah satu caranya, dengan mendirikan universitas.

Hal itu diungkapkan Mahfud pada waktu bersilaturahmi ke Ponpes Darussalam Blokagung, Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (10/1/2024).

“Kami berharap semua pesantren itu yang dimaksud telah mampu mampu mendirikan universitas-universitas yang digunakan maju, identik juga dengan universitas Al Azhar yang digunakan sekarang usianya tambahan dari seribu tahun dalam Kairo yang tersebut dulu didirikan oleh Halaqoh keagamaan. Nah itu kita ikuti di dalam sini,” ujar Mahfud.

Mahfud datang mengenakan batik cokelat keemasan juga peci juga celana hitam begitu senang ketika Ponpes Darussalam Blokagung sudah pernah miliki universitas. Kehadirannya, disambut KH Ahmad Hisyam Syafa’at pengasuh ponpes lalu KH Muhammad Hasyim Syafa’at, kemudian ribuan warga ponpes.

“Kira-kira dua atau tiga bulan lalu saya ke di tempat ini untuk wisuda juga Alhamdulillah sekarang ponpes Darussalam ini mempunyai universitas Darussalam. Insya Allah nanti politeknik yang mana sedang diusulkan ponpes ini nanti politkeniknya mudah-mudahan segera dapat diperoleh,” ungkapnya.

Mahfud mengatakan, selama dua bulan terakhir dirinya telah dilakukan turut mengantarkan dua universitas baru dalam Indonesia yang dimaksud dibangun pondok pesantren. Ia mengaku, sangat gembira dengan pencapaian tersebut.

“Dalam dua bulan terakhir ini saya bergabung mengantarkan dua universitas baru, pertama di area Ponpes Darussalam, yaitu universitas Darussalam. Lalu, dua Akhir Pekan yang tersebut lalu Universitas Annuqayah pada ponpes Annuqoyah, Sumenep,” ujarnya.

Pria berusia 66 tahun itu berpendapat, bahwa sekolah ponpes sangat penting. Sebab, ponpes saat ini tak belaka mengajarkan ilmu agama, lebih tinggi terpencil dari itu juga mengajarkan ilmu pengetahuan secara umum.

Baca juga:  Khawatir Ada Korban Lagi Seperti pilpres 2019, Dinkes DKI Bakal Cek Kesehatan 210 Ribu Petugas KPPS dalam Jakarta

“Pesantren sangat penting lantaran dulu pesantren itu di dalam Indonesia orientasinya pada fikih ibadah, tasawuh, akhlak. Orientasi dulu, terpencil dari fikih siasah atau politik. Maka sekarang pesantren mendirikan universitas-universitas agar fikih urusan politik tentang pengelolaan dipelajari,” kata Mahfud.

Dalam kesempatan itu, Mahfud MD juga bertegur sapa dengan para santri. Ia memberikan semangat, agar para santri terus progresif serta menjadi penerus bangsa ini.

(Sumber:SindoNews)