KPK Jadwalkan Periksa Para Tersangka Pungli Rutan Hari Hal ini

KPK Jadwalkan Periksa Para Tersangka Pungli Rutan Hari Hal ini

Rodafakta.com – JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemanggilan terhadap para terperiksa dugaan pungutan liar (pungli) di area rumah tahanan (rutan) KPK.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri menyebutkan, mereka dipanggil untuk pemeriksaan pada kapasitas sebagai tersangka.

“Iya benar, telah terjadi dijadwalkan beberapa waktu lalu, untuk mereka dapat hadir sebagai terdakwa pada hari ini (15/3) di tempat Gedung Merah Putih KPK,” kata Ali pada waktu dihubungi wartawan, Hari Jumat (15/3/2024).

Kendati demikian, nama serta kedudukan para terdakwa itu tidak ada dibeberkan Ali. “Kami akan informasikan segera updatenya,” ujarnya.

Pemeriksaan para terperiksa ini merupakan kali pertama setelahnya sebelumnya KPK mengajukan permohonan keterangan dari para saksi terkait perkara pungli itu.

Berdasarkan informasi yang mana diterima, total terdakwa yang tersebut dipanggil hari ini berjumlah 15 orang. Sekadar informasi, pada perkara pungli pada rutan, KPK sudah menetapkan lebih banyak dari 10 orang sebagai tersangka.

Nama yang mana sudah ada mencuat sebagai terdakwa adalah Hengki yang dimaksud diketahui sebagai ‘otak’ dari terstrukturnya pungli rutan KPK.

“Hengki sudah ada tersangka,” kata Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak untuk wartawan, Rabu (6/3/2024).

Tanak menyebutkan Hengki sudah ada tiada lagi bertugas di area KPK. Ia sudah ada dipindahtugaskan ke Pemda DKI Jakarta. Kendati demikian, Tanak menyebutkan pihaknya akan tetap memperlihatkan memproses Hengki dengan kedisiplinan aparatur sipil negara (ASN).

“Percaya KPK tetap saja akan memproses sesuai dengan ketentuan yang digunakan berlaku, sepanjang ia memenuhi unsur-unsur aktivitas pidana yang dimaksud akan disangkakan dan juga kita akan menerapkan hukum acara pidana sebagaimana diatur UU 81,” ujarnya.

Baca juga:  Sahroni Akui Nasdem Terima Rp860 Juta dari SYL, Rp820 Juta Diserahkan ke KPK