Komunikasi Kubu Anies dan juga Ganjar untuk Minimalkan Kemungkinan Kecurangan pemilihan raya 2024

Komunikasi Kubu Anies dan juga juga Ganjar untuk Minimalkan Kemungkinan Kecurangan pemilihan raya 2024

Rodafakta.com – JAKARTA – Komunikasi kebijakan pemerintah antara kubu capres-cawapres nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar juga 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai hal positif. Hal itu sebagai upaya untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecurangan di tempat Pilpres 2024.

“Saya kira itu komunikasi urusan politik yang tersebut cukup bagus antara paslon 01 serta 03,” tegas pengamat kebijakan pemerintah Adi Prayitno di dalam Jakarta, hari terakhir pekan (12/1/2024).

Menurutnya, kedua kubu mempunyai sumber daya urusan politik yang digunakan dapat diarahkan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kecurangan.

“Dua kubu ini, 01 kemudian 03 mempunyai resource, kekuatan politik, mesin urusan politik yang tersebut jejaringnya sampai ke bawah yang tersebut tentunya diharapkan masyarakat bisa jadi meminimalisir kemudian mengantisipasi segala kemungkinan kecurangan yang tersebut akan terjadi,” jelas Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) itu.

Selain itu, komunikasi kebijakan pemerintah keduanya juga berguna untuk mengirim instruksi pada rakyat agar bersama-sama menjaga kualitas pemilu.

“Kedua, ini bagus untuk mendirikan opini rakyat agar pemilihan raya 2024 berjalan dengan damai, terbuka, tanpa kecurangan apa pun. Selain komunikasi para elite, ini kan secara tak secara langsung ingin menghadirkan pada seluruh elemen rakyat agar pemilihan 2024 itu hajatan milik bersama, bukanlah belaka hajatan partai, tidak semata-mata hajatan paslon,” ungkapnya.

Menurut Adi, baik dan juga buruknya demokrasi dan juga pilpres sangat tergantung bagaimana proses pemantauan kemudian pengawasan pemilihan umum juga dilaksanakan oleh kelompok masyarakat. Sehingga intensitas komunikasi kebijakan pemerintah semacam ini tentu untuk memaksimalkan supaya kecurangan dapat dihindari.

“Komunikasi urusan politik semacam ini untuk memberikan warning pada pihak-pihak yang digunakan potensial melakukan kecurangan. Ya bisa saja dihindari, mampu dilawan, mampu diantisipasi, sebab sekecil apa pun kecurangan yang dimaksud terjadi di area 2024 pastinya akan terpotret, akan terpantau, akan terawasi dengan baik oleh masyarakat, regu sukses, lalu seluruh kelompok pemenangan. Jadi jangan main-main dengan pemilu, akibat semua mata akan memantau,” katanya.

Baca juga:  Ganjar Pranowo: Melindungi Independensi serta Integritas Aparatur KPK Penting

(Sumber:SindoNews)