Kenapa ketika Buka Puasa Perut Terasa Kilat Kenyang? Waspadai Asam Lambung

Kenapa ketika Buka Puasa Perut Terasa Kilat Kenyang? Waspadai Asam Lambung

Rodafakta.com – JAKARTA – Kenapa pada waktu menyingkap puasa perut terasa cepat kenyang? Ya, berbuka adalah salah satu momen ternikmat bagi umat Muslim usai berpuasa sehari penuh.

Namun, sadar atau tidak, terkadang Anda kerap merasa sangat cepat kenyang ketika berbuka puasa . Alih-alih ingin menyantap sejumlah makanan, perut Anda justru telah merasa kenyang duluan.

Ternyata, ada alasan mengapa kondisi yang dimaksud sanggup terjadi. Kenapa ya? Berikut penjelasannya, dilansir dari berbagai sumber, Kamis, (14/3/2024).

Sebenarnya, perut yang dimaksud cepat kenyang pada waktu berbuka puasa merupakan kondisi yang digunakan lumrah terjadi, khususnya pada minggu awal puasa.

Pasalnya, ini disebabkan oleh proses adaptasi tubuh yang semula rutin mendapatkan makanan, pada saat ini harus dibiarkan kosong selama hampir 14 jam hingga waktu berbuka tiba.

Saat berbuka puasa, kondisi perut kerap cepat kenyang dikarenakan proses adaptasi dari sistem cerna yang tersebut tadinya kosong kemudian secara tiba-tiba diisi.

Itulah alasan mengap pada waktu berbuka puasa Anda disarankan untuk makan pelan-pelan serta secara bertahap.

Karena harus melakukan proses adaptasi ini, tubuh lantas menjadi stres, sehingga sistem saraf yang mana bekerja dominan adalah saraf simpatik.

Hasilnya, makanan yang dimaksud dikonsumsi pasca berbuka masih tertahan selama beberapa menit sebelum masuk ke usus untuk diserap kemudian dicerna tubuh.

Baca juga:  Tips Mengatur Minum Air Putih selama Ramadan ala Menkes Budi, Pakai Rumus 2-4-2