Jenderal Bintang 3 Letting Akpol 1991, Satu Angkatan dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit

Jenderal Bintang 3 Letting Akpol 1991, Satu Angkatan dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit

Rodafakta.com – JAKARTA – Terdapat tiga jenderal bintang 3 yang digunakan merupakan lulusan Akpol 1991. Itu berarti ketiganya satu angkatan dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

Kebanyakan lulusan Akpol 1991 saat ini sudah pernah berpangkat Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) juga Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) atau jenderal bintang dua juga satu. Sementara cuma segelintir yang digunakan berhasil meraih jenderal bintang 3.

Pada dasarnya pemilik pangkat jenderal bintang 3 atau Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) memang sebenarnya hanya saja sedikit. Saat ini semata-mata ada 14 Komjen di dalam tubuh Polri.

3 Jenderal Bintang 3 Letting Akpol 1991

1. Komjen Pol Mohammad Fadil Imran

Fadil Imran baru mendapat pangkat jenderal bintang 3 pasca menjabat sebagai Kabaharkam Polri pada 27 Maret 2023. Sebelumnya ia masih berpangkat Irjen ketika menjadi pemimpin Polda Metro Jaya.

Komjen Fadil Imran yang merupakan lulusan Akpol 1991 ini telah lama menduduki beberapa tempat strategis selama berkarier di area Polri. Sebut cuma Sahlisosbud Kapolri pada 2019, Kapolda Jawa Timur pada 2019, juga Kapolda Metro Jaya pada 2020 sebelum akhirnya menjadi Kabaharkam pada 2023.

2. Komjen Pol Marthinus Hukom

Lulusan Akpol 1991 yang digunakan sudah pernah menyandang pangkat jenderal bintang 3 lainnya adalah Komjen Marthinus Hukom. Ia sekarang ini menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

Jabatan itu diraih Marthinus Hukom sejak mendapat penawaran pada mutasi Polri 8 Desember 2023. Karena diangkat menjadi Kepala BNN, maka ia mendapatkan pangkat jenderal bintang 3. Sebelumnya, Marthinus Hukom berpangkat Irjen ketika mengatur Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri.

Perwira Polri jika Maluku Tengah ini juga pernah menduduki sebagian kedudukan penting lain seperti, Wakadensus 88 AT Polri di tempat 2018, juga Direktur Penegakan Hukum Kedeputian Sektor Penindakan juga Pembinaan Kemampuan BNPT pada 2017.

Baca juga:  6 Kapolda Aktif Jebolan Akpol 1990, Nomor 3 Eks Ajudan Presiden SBY

3. Komjen Pol. Wahyu Widada

Sama seperti Fadil lalu Marthinus, Komjen Wahyu Widada juga mendapatkan pangkat jenderal bintang 3 pada 2023. Tepatnya pasca diangkat sebagai Kabaintelkam Polri pada Februari tahun lalu.

Kini pria jika Yogyakarta yang disebutkan sedang menjabat sebagai Kabareskrim Polri setelahnya terkena mutasi pada 24 Juni 2023 lalu.

Sepanjang kariernya di tempat Polri, Wahyu Widada sempat juga menduduki sikap Asisten SDM Kapolri di tempat 2021, Kapolda Aceh pada 2020, dan juga Kapolda Gorontalo di tempat tahun 2019.

Itulah tiga jenderal polisi bintang 3 yang tersebut merupakan lulusan Akpol 1991. Membuat merekan saat ini telah dilakukan menduduki tempat penting dalam jajaran Polri.

(Sumber:Sindonews)