Jangan Sembarangan, Hal ini Cara Menyalakan AC Mobil yang mana Benar

Rodafakta.com – JAKARTA – AC menjadi fasilitas penting pada mobil yang memproduksi kabin terasa sejuk ketika berkendara. Tapi, pemilik juga harus memperhatikan perawatan AC , termasuk cara menyalakannya, agar tetap saja awet serta sejuk.

“Pemilik kendaraan wajib menjaga kebersihan filter kabin supaya embusan udara AC tak belaka sejuk, namun juga bersih juga aman dari bibit penyakit,” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, pada keterangan resmi, Selasa (2/1/2024).

Bagaimanakah cara yang dimaksud benar menyalakan AC mobil? Berikut langkahnya seperti dibagikan Daihatsu.

1. Nyalakan Mesin Mobil Terlebih Dahulu

Ketika hendak menyalakan AC, pastikan menghidupkan mesin mobil terlebih dahulu. Saat sudah ada menyala, hindari dengan segera menyalakan AC mobil sebab akan membebani kinerja mesin.

Beban kinerja yang disebutkan terjadi sebab magnetic clutch bekerja lebih lanjut keras ketika putaran mesin rendah. Tunggu sekitar 10 hingga 15 detik, agar kondisi mesin mobil mulai panas. Pastikan mesin pada kondisi idling. Setelah itu, baru boleh menyalakan AC.

2. Lakukan Penyetelan Suhu juga Putaran Fan

Apabila mobil terparkir dalam area terbuka dan juga panas, sebaiknya mengakses jendela mobil selama 20 detik agar suhu di dalam pada kabin yang mana terlalu panas dapat diturunkan. Selanjutnya, menyalakan blower AC selama 15 detik dengan kedudukan kaca jendela mobil terbuka.

Hal ini dapat memproduksi suhu kabin yang mana terlalu panas yang dimaksud menjadi suhu ruangan. Dengan begitu kinerja AC tidaklah akan berat sehingga AC semakin awet. Setelah suhu kabin dirasa sudah ada tidaklah terlalu panas, Anda mampu melakukan penutupan jendela mobil, kemudian nyalakan kompresor AC.

Untuk penyetelan suhu AC, Anda dapat menyetel kecepatan angin atau blower dalam kedudukan rendah terlebih dahulu. Sementara suhu kompresor, Anda setel ke medium atau ke suhu yang digunakan diinginkan.

Baca juga:  5 Fakta Mobil Listrik Xiaomi: Performanya Sengebut Hapenya?

(Sumber:sindoNews)