Jaga Bidang Kesehatan Mesin Mobil, Begini Pilih RON

Jaga Area Aspek Kesehatan Mesin Mobil, Begini Pilih RON

Rodafakta.com – Bahan Bakar Minyak atau BBM untuk mobil mempunyai sejumlah pilihan, yang digunakan mesti disesuaikan untuk menjaga kemampuan fisik mesin kendaraan. Bahan bakar, pada hal ini bensin berbagai tersedia di dalam pasaran kemudian mesti disesuaikan sesuai peruntukan masing-masing.

Dikutip dari Petroonline.com, tingkat oktan memainkan peranan penting di menentukan kinerja, efisiensi lalu kesesuaian komponen bakar. Pengujian terhadap nomor oktan penelitian atau Research Octane Number (RON) kemudian nomor oktan motor alias Motor Octane Number (MON) menjadi cara menentukan profil material bakar kemudian menentukan berapa sejumlah kompresi yang tersebut mampu ditahan bensin sebelum dibakar pada ruang bakar atau mesin.

Angka oktan hasil penelitian ini menunjukkan tingkat mudah terbakarnya unsur bakar mesin pada kecepatan kemudian suhu rendah. RON dirancang untuk menunjukkan kondisi material bakar pada kondisi idle kemudian selama akselerasi.

Ilustrasi bensin. (Freepik)
Ilustrasi pengisian bensin dengan RON tertentu pada tangki mobil  (Freepik)

Semakin tinggi peringkat RON, semakin besar kompresi yang dimaksud dapat ditahannya di mesin pada waktu terjadi perkembangan di dalam ruang bakar serta sebelum diteruskan ke proses terjadinya percikan api.

Di Britania Raya, peringkat RON standar adalah 95, kemudian semua mobil dibuat untuk bekerja secara efisien di tingkat substansi bakar ini. Bahan bakar dengan oktan lebih besar tinggi dapat miliki peringkat RON 97, 98, bahkan RON 100. Bahan bakar ini miliki label biaya yang digunakan lebih besar tinggi serta umumnya disukai oleh pengendara dengan kendaraan berperforma tinggi. Peringkat RON juga digunakan penyulingan minyak bumi, insinyur, produsen mobil, dan juga pemasar substansi bakar untuk menentukan harga jual serta mengoptimalkan pemasangan materi bakar atau mesin.

Sedangkan dalam Australia, ada tiga tingkat standar materi bakar yang diukur menggunakan peringkat RON. Yaitu substansi bakar dengan oktan reguler (tanpa timbal) disebut RON 91, lalu material bakar oktan premium kualitas menengah (RON 95), kemudian komponen bakar oktan premium kualitas tinggi (RON 98).

Baca juga:  Bareskrim Bongkar Pemalsuan BBM Jenis Pertamax pada 4 SPBU

Dua hitungan oktan secara rutin digunakan untuk mensimulasikan performa mesin: RON mensimulasikan performa bensin pada tingkat keparahan rendah (pada 600 rpm lalu suhu udara 49 derajat Celsius, sedangkan bilangan MON mencerminkan kondisi yang digunakan lebih besar parah (pada 900 rpm lalu suhu udara 149 derajat Celsius.

Bagaimana di dalam Indonesia?

Dikutip dari laman resmi Astra Daihatsu, Badan Pengatur Hilir Minyak dan juga Gas Bumi (BPH Migas) mengelompokkan BBM menjadi Aviation Gasoline (Avgas), Aviation Turbine (Avtur), Minyak Tanah (Kerosin), High Speed Diesel (HSD), Minyak Diesel, Minyak Bakar, Biodiesel, kemudian Bensin.

Dengan pemisahan ini berdasarkan nilai RON, pengguna kendaraan dapat memilih jenis bensin yang mana sesuai dengan persyaratan mesin kendaraan merek lalu menyesuaikan dengan keinginan performa tertentu.

Bensin biasa dengan RON 91 mempunyai nilai terendah, bensin kelas premium mempunyai RON 95, kelas super 98 ROZ, dan juga unsur bakar “Super Plus” yang tersebut lebih banyak baru miliki RON 100 ke atas.

Berikut kategori bensin berdasarkan nilai RON di tempat Indonesia

RON 88

  • Bensin yang dimaksud dihasilkan melalui proses distilasi minyak bumi. Karakteristiknya warna warna kekuningan dari zat pewarna tambahan.
  • Jenis bensin ini umumnya digunakan pada kendaraan bermotor seperti kendaraan beroda dua motor kemudian mobil.

RON 92

  • Seperti bensin yang mana memiliki RON 88, RON 92 direkomendasikan untuk kendaraan yang mana sudah ada menggunakan sistem EFI (Electronic Fuel Injection) dan juga Catalytic Converter.
  • Keunggulan RON 92 adalah nilai oktan yang tersebut tinggi lalu tanpa isi timbal.

RON 95

  • Bensin berkualitas tinggi yang digunakan memenuhi standar performa International World Wide Fuel Charter (WWFC). Jenis bensin ini dikembangkan untuk memberikan performa optimal untuk berbagai jenis kendaraan.
Baca juga:  Motor Rampok BBM Ternyata Masih Dijual, Harga Setara Yamaha NMAX

Sebagai catatan, agar materi bakar bekerja optimal setiap saat lakukan perawatan rutin mesin mobil dalam bengkel terpercaya. Bagi pengguna kendaraan brand Daihatsu silakan menikmati berbagai layanan yang disiapkan authorized dealer, termasuk service kilat under an hour. Sehingga kondisi terkini mesin bisa saja diupdate secara cepat.

(Sumber: Suara.com)