Hal ini yang tersebut Bakal Terjalin Jika Nana Mirdad Langsung Asuh Bayi Terlantar dan juga Tak Serahkan ke Pihak Terkait

Hal ini yang tersebut yang dimaksud Bakal Terjalin Jika Nana Mirdad Langsung Asuh Bayi Terlantar dan juga juga Tak Serahkan ke Pihak Terkait

Rodafakta.com – Tindakan Nana Mirdad juga Andre White untuk menyerahkan bayi yang digunakan beliau temukan pada semak-semak dekat rumah ke Dinas Sosial memang sebenarnya sudah pernah tepat. Meski sempat terenyuh dengan nasib malang sang bayi, pasangan suami istri itu bukan boleh segera mengasuh anak tersebut. 

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Dian Sasmita mengatakan, apabila bayi temuan secara langsung diasuh begitu saja, justru Nana Mirdad serta Andrew White sanggup jadi melajukan tindakan adopsi ilegal.

“Saya rasa tindakan dari Nana Mirdad sudah ada sangat tepat sekali kemudian kita perlu apresiasinya. Karena di tempat luar sana masih berbagai juga orang-orang yang bukan paham kemudian dengan segera mengasuh, ini nanti terindikasi dengan proses adopsi ilegal,” kata Dian ketika dihubungi suara.com, Mingguan (21/1/2024).

Nana Mirdad temukan bayi yang digunakan dibuang dalam dekat rumahnya (Instagram/nanamirdad_)
Nana Mirdad temukan bayi yang digunakan dibuang di tempat dekat rumahnya (Instagram/nanamirdad_)

Menyerahkan bayi ke Dinas Sosial juga untuk kepentingan anak temuan tersebut, lanjut Dian. Sebab, bayi yang mana ditemukan Nana Mirdad lalu Andrew White kondisinya benar-benar nampak baru lahir, sehingga tiada ada identitas apa pun yang digunakan melekat.

Oleh sebab itu, masih perlu tindakan Dinas Sosial bersatu polisi untuk melacak identitas dari orang tua kandung sang bayi. Selain itu, ada mekanisme khusus bila ingin adopsi anak tanpa identitas tersebut. 

“Jika ada orang tua yang menginginkan untuk adopsi, Dinas Sosial telah punya prosedurnya. Ada proses assesment dari pekerja sosial terkait dengan kemampuan calon adopter,” ujarnya.

Berbagai proses itu yang digunakan harus dilalui oleh Nana Mirdad serta Andrew White bila memang sebenarnya ingin menjadi orang tua asuh dari bayi temuan mereka. 

“Kalau mau adopsi legal, ikuti proses Dinas Sosial kemudian kita tunggu juga proses di tempat kepolisian. Namun, selama berada dalam Dinas Sosial, bila calon adopter ingin tetap saja berinteraksi pastinya dipersilakan,” pungkas Dian.

Baca juga:  Agar Tak Ganggu Tumbuh Kembang Si Kecil, Bidan Punya Peran Penting Edukasi Ibu Soal Aspek Kesehatan Kulit Bayi dan juga Balita

Sebelumnya, Nana Mirdad membagikan lewat postingannya dalam Instagram story mengenai temuan bayi baru lahir itu. Bayi yang dimaksud pertama kali ditemukan oleh asisten rumah tangganya (ART). Kakak artis Naysila Mirdad itu menduga bayi yang disebutkan baru lahir lantaran tali pusarnya masih menempel di area perut.

Kondisi bayi sangat memprihatinkan ketika ditemukan sebab di kondisi tak memakai baju maupun alas. Padahal di area sekitar rumahnya banyak hewan liar berkeliaran, seperti anjing serta ular piton. Begitu diberi tahu oleh ART, Nana Mirdad dengan segera membawanya ke rumah sakit untuk diselamatkan.

“Bayi ini beruntung sekali masih selamat. Saat bayi ini dibawa ke rumah, kulitnya mulai membiru,” tulis istri Andrew White itu pada Hari Sabtu (20/1/2024).

Perempuan 38 tahun itu juga mengungkapkan bahwa bayi yang disebutkan telah diperiksa di area UGD. Dia bersyukur, bayi yang dimaksud mampu bertahan dan juga pada kondisi sehat pasca mendapat perawatan dalam rumah sakit. Nana Mirdad berharap ibu kandung dari bayi yang disebutkan membaca Instagram Story miliknya. 

(Sumber: Suara.com)