Ibu Hamil Boleh Berpuasa tapi Perhatikan Pola Makan Pengganti

Ibu Hamil Boleh Berpuasa tapi Perhatikan Pola Makan Pengganti

Rodafakta.com – SURABAYA – Ibu hamil kemudian menyusui adalah satu dari enam golongan orang yang mana tak wajib berpuasa. Kendati demikian, publik Indonesia merasa tak nyaman jikalau tiada menjalankan puasa pada bulan Ramadan ini.

Dekan Fakultas Bidang kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) Prof Budi Santoso memberi tips puasa bagi ibu hamil.

“Orang hamil boleh puasa, dengan catatan pola makan kemudian minumnya diganti di malam hari hari,” ujar Budi Santoso.


Dia menjelaskan, permintaan makan tiga kali sehari dalam luar puasa diganti pada waktu malam hari. Polanya pada waktu berbuka puasa, di malam hari sebelum tidur, dan juga waktu makan sahur.

“Itu pola gantinya,” katanya.

Pria yang tersebut akrab disapa Prof Bus itu menambahkan, bagi ibu hamil pada trimester pertama kemudian kedua harus diperhatikan kondisinya. Jangan dipaksa untuk berpuasa. Jika pada trimester pertama juga kedua ada keluhan mual serta muntah, jangan berpuasa lantaran bisa saja dehidrasi.

“Sebaliknya, jikalau pada trimester yang disebutkan aman, maka silakan lanjutkan berpuasa,” urainya.

Sementara itu, mengutip laman Siloam Hospitals, puasa memberi faedah positif bagi ibu hamil apabila dilaksanakan dengan benar. Puasa yang digunakan dijalankan oleh ibu hamil dapat memberikan berbagai khasiat untuk kemampuan fisik tubuh seperti menurunkan risiko diabetes mellitus gestasional, menjaga berat badan ideal, memelihara kemampuan fisik jantung, hingga membantu proses detoksifikasi.

Tips Puasa bagi Ibu Hamil

1. Pastikan keperluan cairan tubuh masih tercukupi. Hal yang disebutkan dapat dilaksanakan dengan memperbanyak minum air putih dan juga mengonsumsi buah segar pada waktu sahur kemudian berbuka puasa.
2. Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang ketika sahur serta berbuka, yaitu 50% karbohidrat, 25% protein, 10–15% lemak sehat, juga vitamin kemudian mineral.
3. Perbanyak konsumsi makanan tinggi serat untuk menjaga dari terjadinya sembelit pada ibu hamil.
4.Hindari konsumsi kafein berlebih. Konsumsi kafein berlebih dapat memicu dehidrasi kemudian meningkatkan asam lambung yang berisiko memperburuk kondisi ibu hamil selama berpuasa.
5. Hindari konsumsi makanan atau minuman yang tersebut mengandung gula tinggi.
6. Batasi aktivitas fisik yang digunakan berat.
7. Segera batalkan puasa apabila mengalami morning sickness atau muncul gejala dehidrasi seperti pusing, lelah, hingga urine berwarna ikterus pekat atau gelap.

Baca juga:  5 Bahaya Sering Minum Es pada waktu Buka Puasa