Hindari Kecelakaan ketika Hujan, Perhatikan Perawatan Ban Mobil

Hindari Kecelakaan ketika Hujan, Perhatikan Perawatan Ban Mobil

Rodafakta.com – JAKARTA – Guyuran hujan membuat permukaan jalan lebih banyak licin sehingga perlu kewaspadaan tinggi. Untuk keselamatan berkendara, persiapan lalu perawatan ban perlu dilaksanakan untuk meyakinkan di kondisi baik.

Ban menjadi komponen terpenting, untuk memberikan kenyamanan dan juga keamanan selama berkendara. Bahkan ban juga bisa saja menjadi pemicu utama kecelakaan apabila di kondisi yang tersebut tak baik.

Untuk itu, perawatan ban sangat penting untuk menghindari kecelakaan pada kondisi hujan. Berikut perawatan ban mobil agar tetap memperlihatkan baik dirangkum dari laman Auto2000, Selasa (2/1/2024).

1. Periksa Tekanan Udara Bebas Ban

Pastikan tekanan udara ban berada pada level yang mana direkomendasikan secara berkala. Tekanan udara yang mana tepat membantu mengoptimalkan daya cengkeram ban di dalam jalan basah, menurunkan risiko aquaplaning, juga meningkatkan efisiensi substansi bakar.

2. Pilih Profil Ban yang digunakan Sesuai

Pilih ban dengan alur yang digunakan sesuai untuk musim hujan. Ban dengan alur yang dimaksud baik akan membantu memberikan gaya gesek yang tersebut dibutuhkan mobil untuk dapat melintas di dalam jalan tanpa tergelincir.

3. Cek Kondisi dan juga Kedalaman Alur Ban

Periksa secara berkala kondisi fisik ban serta kedalaman alur pada batas aman. Ban yang dimaksud aus atau alur yang terlalu dangkal dapat meningkatkan risiko aquaplaning kemudian mengempiskan daya cengkeram dalam jalan basah.

4. Hindari Beban Berlebih

Mengangkut beban melebihi kapasitas maksimal juga dapat merusak ban juga menghurangi daya cengkeram. Demi keamanan dan juga keselamatan, baik diri sendiri maupun pengguna jalan lain, pastikan tiada memuat kendaraan melebihi batas yang tersebut ditentukan.

5. Hindari Pengereman Mendadak

Pengereman mendadak di tempat jalan basah dapat menyebabkan kehilangan daya cengkeram lalu mengempiskan kontrol kendaraan. Jadi, berusahalah untuk berkendara dengan tenang kemudian menghindari pengereman yang mana tiba-tiba.

Baca juga:  Segini Penting Cuci Motor usai Dipakai Terabas Hujan

(Sumber:sindoNews)