Dilema Jimny 5 Pintu: Layakkah Menjadi Incaran? Kelebihan juga Kekurangannya Dibahas Tuntas!

Dilema Jimny 5 Pintu: Layakkah Menjadi Incaran? Kelebihan juga Kekurangannya Dibahas Tuntas!

Rodafakta.com – JAKARTA – Kelebihan juga kekurangan Jimny 5 Pintu penting dipahami. Sebab, mobil ini memang sebenarnya merebak pada kompetisi Indonesia International Motor Show (IIMS 2024) silam.

Nah, berikut adalah kelebihan serta kekurangan Suzuki Jimny 5 pintu yang mana penting dipahami:

1. Kabin Semakin Luas

Dilema Jimny 5 Pintu: Layakkah Menjadi Incaran? Kelebihan dan juga Kekurangannya Dibahas Tuntas!

Dibandingkan Jimny 3 pintu, Jimny 5 pintu menawarkan kabin lebih banyak luas. Jimny 5 pintu mempunyai panjang 3.965 mm atau lebih lanjut panjang 315 mm dari Jimny 3 pintu. Sementara untuk lebar lalu tinggi sama.

Selain itu, jarak sumbu roda Jimny 5 pintu juga lebih lanjut panjang 340 mm ketimbang Jimny 3 pintu. Radius putar Jimny 5 pintu mencapai 5,7 meter, sedangkan Jimny 3 pintu 4,85 meter.

2. Fitur lebih banyak lengkap

Meski secara keseluruhan mirip dengan versi 3 pintu, Jimny 5 pintu ada tambahan beberapa fitur. Misalnya, memakai ventilated disc di tempat rem depan tidak solid disc pada Jimny 3 pintu.

Bobot Jimny 5 pintu tambahan berat 1.545 kg dibandingkan 1.435 kg. Lalu, ada fasilitas layar 9 inchi display audio + bluetooth dengan fungsi rear view camera.
Sedangkan layar di tempat Jimny 3 pintu lebih tinggi kecil yaitu berukuran 6,8 inchi display audio + bluetooth tanpa kamera belakang.

3. Minim Pesaing

Dilema Jimny 5 Pintu: Layakkah Menjadi Incaran? Kelebihan kemudian Kekurangannya Dibahas Tuntas!

Suzuki Jimny hampri tiada punya pesaing dalam kelasnya. Bayangkan, mobil compact atau ringkas dengan penggerak 4×4 serta ground clearance tinggi, membuatnya tambahan gesit serta tangguh di tempat medan off-road. Meski Suzuki Ertiga yang mana dipakai pun dikenal bandel.

4. Simbol Status

Jimny 5 pintu miliki desain ikonik, sehingga menarik perhatian juga meningkatkan status sosial pemiliknya.

5. Gampang Dimodifikasi

Jimny 5 pintu mudah sekali dimodifikasi, khususnya untuk kegiatan seperti car camping, aktivitas outdoor seru yang dimaksud popouler

Baca juga:  Tegas! SIS Ancam Pecat Sales yang dimaksud Ketahuan Masih 'Goreng' Harga Suzuki Jimny 5 Pintu

6. Kemudahan Perawatan

Dilema Jimny 5 Pintu: Layakkah Menjadi Incaran? Kelebihan kemudian Kekurangannya Dibahas Tuntas!

Tidak seperti mobil Eropa, sparepart Jimny 5 pintu relatif mudah ditemukan lalu terjangkau akibat menggunakan sejumlah komponen yang dimaksud sebanding dengan Jimny 3 pintu.

Mesin K15B empat silinder 1.462 cc dengan tenaga 102 ps pada putaran 6.000 rpm lalu torsi 130 Nm pada putaran 4.000 rpm juga dikenal cukup bandel.

7. Angka Investasi

Jimny 5 pintu maupun 3 pintu dijadikan pemiliknya sebagai “investasi” akibat jumlahnya terbatas lalu permintaan tinggi.

Nah, berikut adalah kekurangan Suzuki Jimny 5 pintu yang penting dipahami:

1. Mobil Langka

Jimny 5 pintu diproduksi pada jumlah keseluruhan terbatas. Kuotanya belaka 2.400an unit setahun. Sehingga membuatnya menjadi mobil yang dimaksud langka kemudian eksklusif. Penggunawan harus banyak sabar untuk mendapatkannya. Karena waktu inden berbulan-bulan.

2. Membayar Lebih Mahal

Dilema Jimny 5 Pintu: Layakkah Menjadi Incaran? Kelebihan kemudian Kekurangannya Dibahas Tuntas!

Di IIMS 2024, banyak tenaga penjual Suzuki dalam IIMS 2024 mematok tarif lebih banyak mahal hingga lebih tinggi dari Rp50 jt apabila konsumen ingin segera mendapatkan mobil yang disebutkan pada garasi mereka. Karena itu, muncul istilah “harga gorengan” untuk Jimny 5 pintu.

3. Buatan India

Berbeda dengan Jimny 3 pintu yang digunakan diimpor segera dari Jepang, Jimny 5 pintu ternyata diimpor PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dari India.

4. Harga Mahal

Harga Rp462.000.000-Rp478.000.000 dengan status on the road DKI Jakarta menyebabkan Jimny 5 pintu termasuk cukup mahal. Apalagi, jikalau konsumen rela membayar biaya tambahan lainnya untukmendapatkannya.