Didampingi Yenny Wahid, Ganjar Pranowo Ziarah Makam Gus Dur juga Mbah Hasyim Asy’ari

Didampingi Yenny Wahid, Ganjar Pranowo Ziarah Makam Gus Dur juga Mbah Hasyim Asy’ari

Rodafakta.com – JAKARTA – Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo yang digunakan juga diusung oleh Partai Perindo berziarah ke makam Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di tempat Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Ganjar didampingi putri Gus Dur, Yenny Wahid, dan juga Gus Fahmi lalu Gus Kikin.

Tiba di tempat Ponpes Tebuireng sekitar pukul 14.00 WIB, Ganjar secara langsung disambut keluarga besar Gus Dur kemudian masuk ke rumah utama. Usai berdiskusi tertutup, Ganjar, Yenny Wahid, Gus Fahmi, Gus Kikin, dan juga beberapa orang ulama lain berjalan ke pusara Gus Dur serta ulama besar pendiri NU Hasyim Asy’ari.

Ganjar kemudian Yenny khusyuk berdoa di area pusara Gus Dur. Mereka membaca tahlil untuk mendoakan bapak toleransi itu. Usai berdoa, Ganjar juga Yenny menaburkan bunga ke makam Gus Dur, makam Mbah Hasyim Asy’ari kemudian makam lainnya di tempat sana.

“Ini kali kedua saya ziarah ke makam Gus Dur. Dan setiap ziarah, terus-menerus mendapat sambutan hangat keluarga,” ucap Ganjar.

Ganjar mengatakan, terus-menerus ada pelajaran yang mana didapat usai berziarah ke makam suami Sinta Nuriyah itu. Misalnya, dari batu nisan Gus Dur, Ganjar mendapat pelajaran berharga.

“Jadi di tempat batu nisan Gus Dur itu unik, ada tulisan Arab, Inggris, China lalu bahasa Indonesia. Maka yang digunakan setiap saat kita ingat adalah semangat perjuangan beliau pada menjaga pluralisme kemudian Bhinneka Tunggal Ika. Kita sebagai generasi penerus harus setiap saat ingat masalah itu,” ucapnya.

Nilai saling menghargai serta menghormati sesama manusia yang diajarkan Gus Dur itulah yang menurut Ganjar harus dicontoh para penerus bangsa ini. Sehingga, tak ada lagi perpecahan semata-mata akibat berbeda suku, agama, ras, maupun golongan.

Baca juga:  Bilang Nasib Jokowi Dapat Ditentukan Jika Ganjar-Mahfud Jadi Presiden, Guntur Dianggap Mengejek dan juga Terlalu Merendahkan

“Dan tidak ada boleh lupa, satu hal yang diajarkan beliau tentang politik. Bahwa pada melawan urusan politik itu ada kemanusiaan. Itu yang mana terus-menerus disampaikan Gus Dur, dan juga kita belajar banyak mengenai itu,” tegasnya.

Bagi keluarga Gus Dur, Ganjar memang sebenarnya diakui sangat dekat. Tidak hanya sekali di hal politik, namun kedekatan keluarga Gus Dur dengan Ganjar sudah ada terjalin sangat lama.

“Mas Ganjar ini satu-satunya kandidat capres 2024 yang tersebut sowan ke Bu Sinta Nuriyah secara langsung. Diajak makan dan juga ngobrol gayeng. Memang sangat akrab Mas Ganjar dengan keluarga kami,” ucap Yenny Wahid.

Yenny yang digunakan juga masuk Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud optimistis Ganjar akan meraih kemenangan Pilpres 2024. Untuk wilayah Jawa Timur, Yenny siap berjuang mengamankan ucapan untuk kemenangan Ganjar-Mahfud.

“Tentu kami siap berjuang kemudian mengamankan kemenangan beliau. Apalagi survei Mas Ganjar dalam Jatim ini naik, jadi kami optimistis,” pungkasnya.

(Sumber:SindoNews)