Tekno  

Cara Menggunakan Nearby Share dalam Android

Cara Menggunakan Nearby Share pada Android

Rodafakta.com – Berbagi file besar antar ponsel Android bisa jadi jadi menyusahkan. Untungnya, Google miliki solusi dengan memperkenalkan fasilitas Nearby Share.

Awalnya ini dikenal sebagai Nearby Share, namun sekarang disebut sebagai Quick Share. Fitur ini memungkinkan pengguna berbagi gambar, video, file tautan, kemudian kata sandi WiFi dengan mudah antara perangkat Android, Chromebook, juga Windows.

Cara kerja Nearby Share mirip dengan AirDrop. Bagi pengguna Samsung, ciri ini disebut Quick Share.

Berikut ini cara menggunakan Nearby Share dalam perangkat Android:

Nearby Share tiada bergerak secara default, sehingga pengguna harus mengaktifkan ciri yang disebutkan terlebih dahulu. Buka Settings Google > Devices and sharing > Nearby Share lalu aktifkan.

Pengguna biasa mungkin saja ingin menambahkan pintasan ke menu Quick Settings ponsel apabila belum ada. Geser ke bawah untuk membuka menu Quick Settings serta klik ikon pena di area sebelah pengaturan. Cari Nearby Share dalam daftar tombol tambahan kemudian seret ke pintasan.

Nearby Share. (Google Support)
Nearby Share. (Google Support)

Cara mengirim file menggunakan Nearby Share.

Temukan dokumen, gambar, foto, atau tautan yang tersebut ingin pengguna kirimkan ke orang lain juga klik ikon Share. Tergantung pada jenis file serta lokasinya, pengguna mungkin saja harus menekan lama atau mengetuk ikon tiga titik vertikal di dalam pojok kanan atas.

Pengguna akan mengamati ikon dalam bagian berhadapan dengan yang mana bertuliskan Nearby. Cari Nearby Share pada daftar perangkat lunak jikalau pengguna tak mengamati tombolnya.

Ponsel akan mencari ponsel Android lainnya. Ketuk namanya ketika muncul di tempat menu. Ponsel pengguna akan memunculkan kode PIN empat digit yang tersebut dapat digunakan orang lain untuk memverifikasi bahwa pengguna mengirimkan file tersebut.

Baca juga:  Pencadangan WhatsApp Bakal Kuras Penyimpanan Google Drive

Itulah langkah-langkah mudah yang dimaksud sanggup pengguna lakukan untuk menggunakan Nearby Share di tempat Android.

(Sumber: Suara.com)