Bisnis  

Bertolak ke China-Korsel, Menhub Tawarkan Dua Proyek Transportasi dalam IKN kemudian Bali

Bertolak ke China-Korsel, Menhub Tawarkan Dua Proyek Transportasi pada IKN kemudian Bali

Rodafakta.com – JAKARTA – Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi akan datang melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan (Korsel) dan juga China pada 9 – 13 Januari 2024, mendatang. Kunjungan yang disebutkan sekaligus menawarkan dua proyek transportasi di tempat Bali yaitu LRT, lalu Autonomous Rail Transit dalam IKN (Ibu Perkotaan Nusantara).

“Beberapa hal yang kami bahas yaitu mulai dari rencana pembangunan LRT di tempat Bali, Autonomous Rail Transit (ART) di dalam Ibukota Nusantara (IKN), jaringan komunikasi dan juga persinyalan kereta api berteknologi tinggi, hingga menjajaki prospek kerjasama terkait pesawat komersial,” ujar Menhub pada keterangan resminya, Selasa (9/1/2024).

Di Korsel, Menhub akan bertemu dengan Wakil Menteri Infrastruktur juga Transportasi Korsel Mr. Sangwoo Park dan juga banyak pihak lainnya, diantaranya yaitu dengan pimpinan Korea National Railway (KNR) serta Eximbank untuk mengeksplorasi kelanjutan kerjasama pengerjaan LRT di dalam Bali untuk tahap 1 dari Bandara Ngurah Rai ke Central Park.

“LRT Bali akan menjadi transportasi massal berbasis rel pertama di area Bali yang digunakan diharapkan dapat menjadi solusi dari kesulitan kemacetan. Kita berharap Feasibility Study-nya yang telah dimulai pada awal Januari 2023 lalu dapat diselesaikan pada pertengahan tahun 2024 ini,” sambung Menhub.

Kemudian pada China, Menhub akan menemui Menteri Transportasi Tiongkok, Li Xiaopeng juga beberapa orang pihak lainnya, di area antaranya yaitu: pimpinan China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) untuk mengkaji kelanjutan kerjasama konstruksi transportasi massal kereta api Autonomous Rail Transit (ART) untuk Ibukota Nusantara (IKN).

Selanjutnya, Menhub juga akan bertemu dengan pimpinan Huawei di menjajaki potensi kerjasama terkait sistem perkeretaapian yang digunakan cerdas serta berteknologi tinggi. Huawei merupakan perusahaan yang mana menggarap konstruksi jaringan komunikasi untuk Kereta Segera Whoosh.

Baca juga:  Komeng Ungkap Alasan Ingin Buat Budaya Indonesia Seperti Korea Selatan, Jawaban Ngocolnya Bikin Terpingkal Pingkal

Selain mengeksplorasi kerjasama di area sektor perkeretaapian, Menhub juga akan bertemu dengan pimpinan dari Commercial Aircraft Corp of China (COMAC) untuk menjajaki potensi kerjasama penanaman modal di tempat sektor penerbangan. Saat ini COMAC merupakan perusahaan pemasok utama pesawat dari maskapai di negeri Transnusa.

(Sumber:SindoNews)