Belajar dari Inggris, Teknologi Hal ini Bisa Diaplikasikan PLN di dalam SPKLU Tiang Listrik

Belajar dari Inggris, Teknologi Hal ini Bisa Diaplikasikan PLN pada pada SPKLU Tiang Listrik

Rodafakta.com – LONDON – PT PLN berinovasi menjadikan aset tiang listrik sebagai Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk kemudahan pengisian daya mobil listrik. Namun perlu diketahui perubahan ini telah dilakukan diaplikasikan lebih tinggi dahulu di area Inggris, dengan beragam kecanggihan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, pembaharuan ini merupakan bentuk keseriusan PLN untuk menunjang infrastruktur ekosistem EV.

Pasalnya, ketika ini kendaraan listrik berada dalam menjadi primadona di dalam kalangan warga lantaran hemat dari segi biaya perawatan juga pengisian daya juga kemampuan mengempiskan emisi karbon secara signifikan.

”Kami sangat kritis untuk mengakselerasi biosfer kendaraan listrik lantaran terbukti lebih tinggi irit bagi warga dan juga mampu menghurangi emisi karbon secara signifikan, sehingga target Net Zero Emissions (NZE) dalam tahun 2060 dapat dicapai atau bahkan tambahan cepat,” terang Darmawan.

Di Inggris, Ubitricity sudah pernah memasang 100 stasiun pengisian daya EV yang mana dipasang di tempat tiang di area Inggris. Stasiun-stasiun ini tersedia untuk pengemudi EV untuk digunakan dengan biaya yang terjangkau.

Stasiun-stasiun pengisian daya ini menggunakan teknologi yang tersebut disebut “plug-and-charge”. Ini adalah berarti bahwa pengemudi EV dapat dengan mudah menghubungkan kendaraan mereka itu ke stasiun kemudian mulai mengisi daya tanpa harus menggunakan kartu atau aplikasi.

Stasiun-stasiun pengisian daya ini miliki daya sebesar 7,4 kW, yang mana dapat mengisi daya kendaraan EV hingga 80% pada waktu sekitar dua jam.

Ubitricity berencana untuk memasang lebih tinggi banyak stasiun pengisian daya EV yang mana dipasang di dalam tiang di dalam Inggris di waktu dekat. Korporasi ini berharap bahwa stasiun-stasiun ini akan membantu meningkatkan ketersediaan infrastruktur pengisian daya EV pada Inggris.

Baca juga:  Ini adalah Trik Jitu Produsen Mobil China Menguasai Pasar Eropa

Keuntungan Stasiun Pengisian Daya EV yang digunakan Dipasang di tempat Tiang

Stasiun pengisian daya EV yang dimaksud dipasang di tempat tiang memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan jenis stasiun pengisian daya EV lainnya. Keuntungan-keuntungan yang dimaksud antara lain:

(Sumber:SindoNews)