Bareskrim Polri Sita 80 Kg Sabu hingga 1.006 Pil Ekstasi pada Pelabuhan Bakauheni

Bareskrim Polri Sita 80 Kg Sabu hingga 1.006 Pil Ekstasi pada Pelabuhan Bakauheni

Rodafakta.com – LAMPUNG – Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri melakukan Operasi Seaport Interdiction pada Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Hasilnya, sebanyak 80 kg sabu, 2,3 kg ganja, juga 1.006 butir pil ekstasi disita.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Erdi A Chaniago mengatakan, Operasi Seaport Interdiction yang dimaksud melibatkan kelompok K-9 Narkotika Korps Sabhara Baharkam Polri dilakukan selama 10 hari.

“Sejak 3-12 Maret 2024, juga ditangkap 8 tersangka,” ujar Erdi, Akhir Pekan (17/3/2024).

Dalam operasi ini, pihaknya menggunakan alat deteksi terdiri dari 6 anjing K-9 dengan kemampuan lacak narkoba. “6 ekor anjing K-9 ini dikendalikan dengan 6 pawang terlatih juga 8 personel pelindung yang tersebut telah mempunyai kompetensi sertifikasi pawang K9 sekaligus lulusan pelatihan DS ATTA Amerika Serikat,” ungkapnya.

Sasaran operasi yakni kendaran yang tersebut melintas menuju penyeberangan kapal fery Pelabuhan Bakauheni. Polisi melacak narkoba yang digunakan diduga terdapat pada kendaraan barang bawaan dan juga orang.

“Ketika K-9 mengendus adanya narkoba akan memberikan kode sebagai perilaku menggigit, menggaruk-garuk juga atau menggongong,” ucap Erdi.

Barang bukti segera diamankan oleh pawang atau pelindung unit K-9 selanjutnya dilaksanakan tindakan kepolisian oleh penyidik.

Baca juga:  Diam-Diam Irish Bella Jenguk Ayah Ammar Zoni pada Rumah Sakit, Idap Kanker Stadium 4