Bisnis  

Atikoh Ganjar Wanti-wanti Agar Warga Tidak Mudah Terjerat Pinjol

Atikoh Ganjar Wanti-wanti Agar Warga Tidak Mudah Terjerat Pinjol

Rodafakta.com – LAMPUNG – Istri capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti menerima aspirasi dari anggota kelompok wanita tani, ketika mantan wartawan itu hadir di tempat acara Syukuran Hasil Bumi, Lapangan Bola Sukoyoso, Kecamatan Sukoharjo, Wilayah Pringsewu, Lampung, Selasa (9/1/2024).

Ernawati, pribadi kelompok wanita tani pada lokasi sekitar mengeluhkan sulitnya menentukan biaya jual produk-produk yang mana dihasilkan, yakni klanting juga keripik. Kesukaran itu terpicu dari naiknya minyak goreng juga unsur pokok. Sebab, kenaikan dua komoditas itu memproduksi bidang usaha yang tersebut dirintis Ernawati di jual klanting dan juga keripik mengalami guncangan.

“Masalahnya minyak mahal serta bumbu mahal, jadi bukan seimbang sebanding penghasilannya,” jelas Ernawati mengungkapkan keluhan untuk Atikoh di dalam lokasi acara.

Selain urusan komponen pokok kemudian minyak goreng, Ernawati juga mengeluhkan terhadap Atikoh persoalan mahalnya biaya untuk merenovasi bangunan demi memenuhi persyaratan higienis produknya.

Kata Ernawati, pelaku usaha kelihatannya tiada punya uang sehingga beberapa pihak menyarankan pula untuk mengajukan utang.

“Katanya suruh kredit. Ambil dana, sedangkan ibu-ibu ini kalau disuruh utang bukan mau, sebab kalau utang, iya, kalau berjalan lancar,” kata dia.

Atikoh menjawab keluhan pertama dengan memohonkan Ernawati mampu menjalani pelatihan tentang pembukuan di menentukan tarif barang produksi.

“Ketika kita menciptakan produk, materi baku harganya berapa, kemudian minyak harganya berapa, bumbu-bumbu harganya berapa, tenaga kerjanya berapa, baru keuntungan itu kita mau ambil berapa persen, apa 10 persen, 15 persen, nanti itu yang digunakan untuk menentukan harga jual jual,” kata mantan wartawan itu.

“Jadi, kalau memang sebenarnya materi baku naik, ndak apa nilai tukar komoditas naik sedikit. Kalau makanan itu, lebih banyak banyak orang melihatnya rasa. Mahal sedikit enggak apa-apa yang mana penting berkualitas, enak, lalu higienis,” lanjut Atikoh.

Baca juga:  Prinsip Siti Atikoh Didik Anak Jadi Sorotan, Larang Supir Bukakan Pintu Mobil untuk Anak

(Sumber:SindoNews)