Apakah Aman Mencampur Oli Mobil Berbeda Merek? Perhatikan Penjelasannya

Apakah Aman Mencampur Oli Mobil Berbeda Merek? Perhatikan Penjelasannya

Rodafakta.com – JAKARTA – Apakah aman mencampur oli mobil beda merek ? Pertanyaan ini kerap dilontarkan, mengingat cara yang dimaksud bisa saja jadi opsi untuk menghemat biaya perawatan kendaraan.

Oli oplosan atau campuran memang benar terkadang beredar di area beberapa bengkel. Salah satu kelebihan oli ini adalah biayanya yang mana lebih banyak ekonomis ketimbang oli original.

Meski begitu tentunya pemilik kendaraan perlu berhati-hati, lantaran biasanya harga jual yang diskon yang disebutkan justru bisa saja merusak mesin kendaraan secara perlahan.

Penyebab Mencampur Oli Beda Merek Sangat Berbahaya

Mencampur oli mobil berbeda merek ini memang benar tak pernah disarankan, sebab setiap produsen oli mobil mengembangkan formulasi oli mereka sendiri dengan aditif lalu material dasar yang dimaksud dapat berbeda.

Mencampur oli mobil berbeda merek dapat menghasilkan kembali campuran yang mana tidak ada diinginkan atau bahkan merugikan performa mesin.

Beberapa oli kemungkinan besar memiliki aditif khusus atau formulasi tertentu yang tersebut dirancang untuk bekerja optimal dengan mesin atau sistem pelumasan tertentu.

Mencampur oli berbeda sanggup menyebabkan ketidakcocokan aditif, viskositas, atau sifat-sifat kimia lainnya, yang dimaksud dapat menghurangi efektivitas pelumasan serta mengakibatkan kehancuran pada mesin.

Untuk risiko paling parah jikalau mobil terlalu banyak menggunakan oli oplosan ini adalah dapat menghasilkan mesin macet lalu tak berfungsi. Hal itu dikarenakan reaksi kimia yang dapat menghasilkan mesin lecet hingga akhirnya rusak rusak.

(Sumber:SindoNews)

Baca juga:  Arti Lampu Hijau serta Oranye di dalam iPhone yang Sangat Vital