Antisipasi Menko Polhukam Pascapengumuman Hasil pemilihan 2024

Antisipasi Menko Polhukam Pascapengumuman Hasil pemilihan 2024

Rodafakta.com – JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan juga Keselamatan ( Menko Polhukam ) Hadi Tjahjanto mengatakan, pihaknya telah dilakukan mengantisipasi beberapa jumlah aksi massa usai pengumuman hasil pemilihan raya 2024.

Termasuk, kata Menko Polhukam, apabila ada tuntutan dari warga hingga regu pemenangan pasangan calon (paslon) ke Mahkamah Konstitusi (MK), terkait hasil kata-kata tersebut.

“Itu mekanisme ya, apabila nanti KPU mengumumkan masih ada konflik sengketa Pemilihan Umum melalui Bawaslu, dan juga Bawaslu sesuai dengan aturan akan disampaikan ke MK, dan juga kita akan mengamankan proses demokrasi, ya tentunya kita semua sudah ada antisipasi,” kata Hadi ketika konferensi pers di dalam Kantor Kemenko Polhukam, Ibukota Indonesia Pusat, Hari Jumat (15/3/2024).

Namun Hadi menegaskan bahwa hingga pada waktu ini, situasi dan juga kondisi keamanan secara nasional masih akan. Hal itu berdasarkan hasil rapat koordinasi (rakor) sama-sama Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto lalu Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

“Terkait dengan pemantauan perkembangan situasi pada pemungutan ucapan kemudian antisipasi penetapan hasil perhitungan pernyataan pemilihan 2024, sesuai dengan informasi kemudian dari hasil pembahasan rapat koordinasi, secara umum situasi lalu kondisi nasional masih relatif kondusif lalu aman terkendali,” kata Hadi.

Hadi menjelaskan, pihaknya akan terus memantau seluruh tahapan pemilihan raya 2024, termasuk proses rekapitulasi secara nasional oleh KPU, hingga pengumuman perhitungan suara.

“Untuk itu kita bersatu mirip hendaknya mengamankan proses demokrasi yang mana sedang berjalan, lalu mengambil bagian menjaga stabilitas politik, hukum, juga kemanan, agar tetap memperlihatkan kondusif dan juga terwujud keberadaan hidup sebagai bangsa lalu bernegara yang digunakan kokoh,” katanya.

“Pemerintah terus memantau perkembangan situasi, mengawal, dan juga memverifikasi setiap tahapan pemilihan raya berjalan aman, damai kemudian berkualitas oleh sebab itu keberhasilan penyelenggaraan pemilihan raya adalah keberhasilan kita semua,” sambungnya.

Baca juga:  Dianggap Bela Gibran Ugal-ugalan, Tsamara Amany Panen Hujatan