Antisipasi Kepadatan Arus Mudik, Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas dalam Merak-Bakauheni

Antisipasi Kepadatan Arus Mudik, Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas pada Merak-Bakauheni

Rodafakta.com – JAKARTA – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiapkan rekayasa lalu lintas dalam Pelabuhan Merak-Bakauheni untuk mengantisipasi kepadatan ketika arus mudik Lebaran 2024.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Whisnu Andiko mengatakan, Korlantas Polri akan membagi jenis kendaraan yang mana hendak menyeberang ke Pulau Sumatera.

“Pertama, kendaraan yang tersebut diarahkan melalui Pelabuhan Merak, adalah kendaraan roda 4 yakni mobil pribadi, serta bus,” kata Trunoyudo, Hari Sabtu (16/3/2024).

Kedua, kendaraan yang tersebut diarahkan melalui Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten adalah kendaraan beroda dua motor, kendaraan truk, juga tanki, dan juga kendaraan truk tronton.

“Yang ketiga, kendaraan yang digunakan diarahkan melalui Pelabuhan Bakau Bandar Jaya (BBJ) Bakauheni adalah truk tengki tronton lebih besar dari 12 sampai dengan 16 meter,” katanya.

Trunoyudo mengatakan, Polri telah lama menyiapkan rekayasa lalu lintas teristimewa pembagian kendaraan yang dimaksud menuju Pelabuhan Merak, Ciwandan juga Pelabuhan BBJ Bakauheni.

“Ketika terjadi situasi peningkatan kendaraan nantinya akan diterapkan delaying system untuk mengatur arus lalu lintas kendaraan menuju pelabuhan,” ucapnya.

Penerapan delaying system, kata Trunoyudo, dijalankan dengan mengarahkan kendaraan ke rest area pada Kilometer 43A dan juga kilometer 68A. Lalu, melakukan pembatasan gerbang tol untuk memperlancar pergerakan dalam pelabuhan.

“Polri mengimbau terhadap warga agar membeli tiket H-1 sebelum perjalanan pada arus mudik dengan menggunakan akomodasi laut, agar dapat mengantisipasi jumlah total pemudik yang akan menyeberang di tempat pelabuhan,” katanya.

Baca juga:  1,8 Juta Tiket KA Lebaran 2024 Sudah Terjual per Awal Minggu 25 Maret 2024, Hal ini 10 Tujuan Favoritnya