8 Penyebab Motor Tidak Ada Pengapian, Apanya yang Rusak?

8 Penyebab Motor Tidak Ada Pengapian, Apanya yang Rusak?

Rodafakta.com – Mengalami kendala motor yang secara tiba-tiba tertutup tanpa pengapian adalah momen yang mana mampu menghasilkan kita merasa terombang-ambing pada berada dalam jalan.

Namun, jangan khawatir, disitir dari situs resmi Suzuki, berikut 8 pemicu umum mengapa motor mendadak kehilangan pengapian serta apa yang digunakan mungkin saja rusak di tempat balik layar.

Ilustrasi busi motor. (Pexels/Rachel Claire)
Ilustrasi busi motor. (Pexels/Rachel Claire)

1. Kehabisan Bahan Bakar

Penyebab paling mudah namun rutin terlupakan adalah kehabisan substansi bakar. Pastikan tanki unsur bakar Anda tidak ada sedang pada kondisi kosong, serta jangan lupa untuk memeriksa keberadaan kran unsur bakar yang digunakan mungkin saja terkunci.

2. Kerusakan pada Aki Motor

Aki yang rusak mampu menjadi pemicu motor kehilangan pengapian. Periksa tegangan aki dengan multimeter untuk melakukan konfirmasi bahwa aki masih pada kondisi baik. Aki yang tersebut lemah atau rusak dapat mengakibatkan sistem pengapian tidaklah berfungsi secara optimal.

3. Tidak Muncul Percikan pada Busi

Busi yang mana tiada menghasilkan kembali percikan api dapat menjadi salah satu faktor utama motor kehilangan pengapian. Periksa busi untuk meninjau apakah terdapat kotoran atau apakah busi perlu diganti. Busi yang buruk atau kotor dapat menyebabkan mesin bukan dapat menyala.

4. Kerusakan pada Koil

Koil adalah komponen yang tersebut mengonversi listrik dari penyimpan daya menjadi percikan api pada busi. Jika koil mengalami kerusakan, maka pengapian pada motor dapat terhenti. Pastikan koil berfungsi dengan baik lalu tidaklah ada korsleting atau kehancuran kabel yang terlihat.

5. Sekring yang Putus

Sekring yang mana putus sanggup menjadi faktor motor kehilangan pengapian. Periksa sekring di tempat sistem pengapian juga gantilah apabila terlihat rusak. Sekring yang putus dapat menghentikan aliran listrik menuju bagian-bagian vital pada sistem pengapian.

Baca juga:  Motor Standby, Tapi Tetap Nyaman: Tips Mencegah Mogok Setelah Lama Tak Dipakai

6. Soket Rumah Kontak yang tersebut Rusak

Soket rumah kontak yang digunakan rusak juga bisa jadi menjadi faktor motor kehilangan pengapian. Pastikan koneksi antara kabel serta soket di kondisi baik. Hubungan yang kurang baik dapat menghambat aliran listrik yang digunakan menuju sistem pengapian.

7. Stop Engine yang digunakan Rusak

Stop engine yang mana rusak sanggup menyebabkan motor berakhir tanpa pengapian. Periksa tombol stop engine, pastikan tidak ada ada korsleting atau kerusakan. Tombol yang mana tiada berfungsi dapat menghentikan aliran komponen bakar dan juga udara yang dimaksud diperlukan untuk pembakaran mesin.

8. CDI yang tersebut Rusak

CDI (Capacitor Discharge Ignition) adalah otak elektronik pada sistem pengapian. Jika CDI mengalami kerusakan, maka motor tidaklah akan mendapatkan percikan api yang dimaksud diperlukan untuk menyala. Periksa CDI kemudian pastikan tiada ada korsleting atau kehancuran pada komponen ini.

Mengatasi motor yang mana kehilangan pengapian seringkali memerlukan dedikasi kemudian pemahaman terhadap sistem pengapian. Dengan memeriksa juga memahami 8 penyulut umum dalam atas, kita dapat membongkar misteri tanpa api pada motor kita. Ingatlah, perawatan kemudian pemeriksaan rutin adalah kunci untuk menjaga motor tetap memperlihatkan berjalan dengan semangat juga menghindari kejutan dalam jalan raya.

(Sumber: Suara.com)