Tekno  

7 Tips Jitu Memperkuat Sinyal WiFi dalam HP

7 Tips Jitu Memperkuat Sinyal WiFi pada HP

Rodafakta.com – Cara menguatkan sinyal WiFi di area HP cukup sederhana. Sinyal WiFi yang digunakan kuat dapat meningkatkan kecepatan internet yang mana Anda gunakan. Dengan koneksi yang dimaksud lebih banyak cepat, Anda dapat mengakses lalu memuat konten web dengan lebih lanjut cepat, menonton video di kualitas tinggi tanpa buffering, serta melakukan tugas online dengan lebih besar efisien.

Cara Memperkuat Sinyal WiFi dalam HP

Untuk menguatkan sinyal WiFi di tempat HP Anda, berikut adalah beberapa langkah yang dimaksud dapat Anda coba:

1. Posisikan HP dekat dengan router

Semakin dekat HP Anda dengan router WiFi, semakin kuat sinyal yang tersebut akan diterima. Cobalah untuk berada di jarak yang digunakan lebih besar dekat dengan router WiFi untuk meningkatkan kekuatan sinyal.

2. Pastikan tiada ada hambatan

Hindari hambatan fisik seperti dinding tebal, perabotan besar, atau perangkat elektronik lainnya yang mana sanggup memblokir atau melemah sinyal WiFi. Posisikan HP Anda secara strategis sehingga tidaklah ada hambatan antara HP kemudian router WiFi.

3. Perbarui firmware router

Pastikan router WiFi Anda miliki firmware terbaru yang digunakan dirilis oleh produsen. Firmware yang tersebut diperbarui dapat meningkatkan kinerja juga stabilitas router, termasuk kekuatan sinyal WiFi.

4. Gunakan pengaturan jumlah kali yang mana tepat

Router WiFi modern kerap mengupayakan dua frekuensi, yaitu 2,4 GHz lalu 5 GHz. Frekuensi 2,4 GHz mempunyai jangkauan yang dimaksud tambahan luas tetapi kecepatan yang mana lebih tinggi lambat, sementara jumlah kali 5 GHz mempunyai kecepatan yang digunakan lebih besar tinggi tetapi jangkauan yang tersebut lebih besar pendek. Pilih tingkat kejadian yang paling sesuai dengan keinginan Anda berdasarkan jarak dan juga kecepatan yang tersebut diinginkan.

Baca juga:  Cara Mengatasi Wi-Fi Terhubung tapi Tidak Bisa untuk Dunia Maya

5. Matikan perangkat yang tersebut mengganggu

Beberapa perangkat elektronik seperti microwave, telepon nirkabel, atau perangkat Bluetooth dapat mengganggu sinyal WiFi. Jika mungkin, jauhkan HP Anda dari perangkat-perangkat yang dimaksud atau matikan sementara perangkat yang bisa saja mengganggu.

6. Gunakan perangkat lunak penguat sinyal

Ada beberapa perangkat lunak pihak ketiga yang digunakan dapat membantu menguatkan sinyal WiFi di area HP Anda. Aplikasi komputer semacam itu dapat membantu Anda menemukan saluran WiFi yang digunakan kurang padat, memperbaiki permasalahan interferensi, atau mengoptimalkan pengaturan WiFi.

7. Tambahkan repeater atau extender WiFi

Jika sinyal WiFi masih lemah pasca mencoba langkah-langkah di tempat atas, Anda bisa saja mempertimbangkan untuk menggunakan perangkat repeater atau extender WiFi. Peralatan ini memperluas jangkauan WiFi dengan menerima sinyal dari router dan juga memperkuatnya sehingga dapat dijangkau dengan lebih banyak baik oleh HP Anda.

Selain langkah-langkah diatas, penting untuk menegaskan bahwa HP Anda mempunyai hardware WiFi yang baik serta telah lama diperbarui ke versi firmware terbaru yang dimaksud dirilis oleh produsen. Jika kesulitan terus berlanjut, kemungkinan besar ada hambatan dengan router WiFi atau hardware HP Anda yang memerlukan perbaikan atau penggantian.

Kontributor : Pasha Aiga Wilkins

(Sumber: Suara.com)