5 Manfaat Bawang Putih yang digunakan Sedang Tren Direndam dengan Madu

5 Manfaat Bawang Putih yang tersebut digunakan Sedang Tren Direndam dengan Madu

Rodafakta.com – JAKARTA – Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat populer pada Indonesia. Pemanfaatan bawang putih bahkan menjadi keperluan sehari-hari. Dapat diolah dengan berbagai cara, belakangan tren merendam bawang putih dengan madu padat diperbincangkan di tempat media sosial X.

Selain menambah cita rasa, bawang putih juga memiliki beragam kegunaan untuk tubuh, antara lain:

1. Mengembangkan Sistem Kekebalan Tubuh

Penelitian dari tahun 2016 menunjukkan bahwa konsentrat bawang putih tua dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penelitian lain menunjukkan bahwa senyawa di bawang putih mungkin saja mempunyai sifat antivirus. Selain meningkatkan sistem kekebalan, bawang putih dapat membantu mengurangi virus memasuki sel inang atau bereplikasi dalam pada sel.

2. Senyawa Aktif pada Bawang Putih Mampu Turunkan Tekanan Darah

Sebuah studi meta-analisis tahun 2020 menemukan suplemen bawang putih dapat menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi. Para peneliti mengaitkan efek ini dengan penurunan risiko kejadian kardiovaskular sebesar 16%-40%.

Analisis yang disebutkan mencatatkan bahwa efek bawang putih mirip dengan beberapa obat tekanan darah tetapi dengan efek samping yang dimaksud lebih tinggi sedikit.

Ulasan tahun 2019 mencatatkan bahwa allicin di bawang putih dapat membatasi produksi angiotensin II, hormon yang dimaksud meningkatkan tekanan darah. Ini adalah juga dapat mengendurkan pembuluh darah, sehingga darah mengalir tambahan mudah.

3. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Bawang putih meningkatkan kondisi tubuh otak oleh sebab itu sifat pencegah oksidasi serta antiinflamasinya. Bawang putih efektif melawan penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer serta demensia.

4. Mengembangkan Pencernaan

Masalah pencernaan Anda akan membaik dengan menambahkan bawang putih ke di makanan. Bawang putih bermanfaat bagi usus juga menurunkan peradangan. Makan bawang putih mentah juga membantu membersihkan cacingan, juga menghancurkan bakteri jahat juga melindungi bakteri baik di area usus.

Baca juga:  Idap Penyakit Langka, Wanita Hal ini Tak Tahan Dengar Suara Tertawa Anaknya

5. Mengoptimalkan Kesejahteraan Kulit

Bawang putih membantu menghindari jerawat kemudian mencerahkan bekas jerawat. Luka dingin, psoriasis, ruam, lalu lecet semuanya dapat mendapatkan khasiat dari pemanfaatan jus bawang putih. Bawang putih juga melindungi epidermis dari paparan sinar UV lalu menjaga dari penuaan.

(Sumber:SindoNews)