5 Laga Kebobolan 17 Gol, Dunia Pers Vietnam Soroti Adaptasi Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

5 Laga Kebobolan 17 Gol, Planet Pers Vietnam Soroti Adaptasi Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Rodafakta.com – Timnas Indonesia menjalani lima pertandingan berturut-turut tanpa kemenangan. Parahnya, Skuad Garuda baru mencetak tiga gol lalu 17 kali kebobolan.

Dua pertandingan tanpa kemenangan terjadi ketika menghadapi Irak (5-1) serta Filipina (1-1) di dalam Kualifikasi Piala Planet 2026 zona Asia. Sementara tiga laga lainnya bertajuk uji coba melawan Libya (4-0 kemudian 2-1) dan juga Iran (5-0).

Ini bukanlah pertanda yang tersebut bagus pada waktu Timnas Indonesia bersiap tampil di area Piala Asia 2023. Apa yang tersebut sebenarnya terjadi?

Kekalahan Timnas Indonesia pada lima pertandingan secara beruntun tak lepas dari kegagalan pemain naturalisasi yang belum cukup beradaptasi dengan instruksi yang dimaksud diberikan Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong awalnya berharap para pemain mendapat pengalaman berharga dari pertandingan melawan Libya dan juga Iran. Sehingga instruktur Timnas Indonesia itu mampu memberikan kejutan dalam sesi penyisihan Grup D Piala Asia 2023 melawan Jepang, Irak, serta Vietnam.

Namun kepercayaan yang dimaksud diberikan Shin Tae-yong untuk pemain naturalisasi justru menjadi bumerang. Itulah yang disoroti media Vietnam.

“Pelatih Shin Tae-yong sendiri masih bertanya-tanya apakah akan menggunakan bintang naturalisasi yang dilatih dalam Eropa atau menaruh kepercayaan pada kelompok pemain domestik yang dimaksud diinvestasikan dalam Piala Planet U20,” tulis Soha.vn, Rabu (10/1/2024).

“Alasan utama mengapa pasukan Indonesia tidak ada bermain kohesif di beberapa pertandingan terakhir adalah dikarenakan para pemain baru yang mana dinaturalisasi belum beradaptasi dengan baik dengan gaya bermain umum.”

Mengacu pada tiga laga uji coba jelang Piala Asia 2023, akankah target Shin Tae-yong menghadirkan Timnas Indonesia lolos ke sesi 16 besar akan terealisasi?

(Sumber:SindoNews)

Baca juga:  Egy Maulana Vikri Siap Bikin Repot Vietnam: Timnas Indonesia Sangat Bersemangat!