5 Cara Deteksi Kerusakan Power Steering Elektrik pada Mobil Anda

5 Cara Deteksi Kerusakan Power Steering Elektrik pada Mobil Anda

Rodafakta.com – Kemudi yang tersebut nyaman lalu responsif adalah salah satu kunci pengalaman berkendara yang memuaskan.

Namun, pada waktu Electric Power Steering (EPS) mengalami masalah, pengalaman berkendara dapat berubah menjadi mimpi buruk.

Dikutip dari situs resmi Suzuki, berikut cara-cara simpel untuk mendeteksi kehancuran pada Power Steering Elektrik juga menjaga roda kemudi Anda masih berjalan mulus.

1. Putar Setir pada Kondisi Diam

Langkah pertama adalah memeriksa gejala kerusakan dengan memutar setir di kondisi diam. Nyalakan mesin serta putar setir ke kanan lalu kiri. Perhatikan apakah ada hambatan yang mana terasa atau jikalau setir terasa berat. Kepopuleran berat pada putaran setir dapat menjadi pertanda awal bahwa komponen power steering mengalami kehancuran atau kelemahan.

2. Menilai Putaran

Setelah memutar setir, nilailah putaran dengan cermat. Apakah putaran terasa halus, ataukah Anda merasakan hambatan? Jika setir terasa berat, ini mampu menjadi petunjuk bahwa power steering sedang bermasalah. Penting untuk memperhatikan perubahan-perubahan ini, dikarenakan jikalau dibiarkan tanpa penanganan, kecacatan dapat semakin parah.

3. Perhatikan Ketika Mengemudi

Kerusakan pada power steering bukan selalu terlihat ketika mobil diam. Cobalah untuk merasakannya ketika berkendara. Jika setir terasa berat, teristimewa pada waktu berbelok atau berpindah jalur, ini dapat menjadi indikasi adanya hambatan pada sistem EPS. Jangan abaikan inovasi respons pada waktu mengemudi, sekecil apapun, lantaran mampu menjadi petunjuk kerusakan.

4. Perhatikan Ketidakstabilan pada Kecepatan Tinggi

Uji kestabilan power steering pada waktu mengemudi di kecepatan tinggi. Jika setir terasa tiada stabil dan juga berat, ini bisa jadi menandakan hambatan pada sistem EPS. Kondisi ini dapat mempengaruhi kendali Anda ketika melaju pada jalan raya dengan kecepatan tinggi. Jika Anda merasa ketidakstabilan ini, segera periksakan kondisi mobil Anda.

Baca juga:  Rivalnya Digoyang Banyak Skandal, VW Malah Gagal Kuasai Pasar Mobil Global

5. Perhatikan Lampu EPS

Lampu EPS pada dashboard adalah indikator penting yang digunakan perlu diperhatikan. Jika lampu ini menyala atau berkedip, ini bisa jadi menjadi sinyal bahwa sistem power steering sedang bermasalah. Jangan abaikan lampu indikator, segera periksakan kondisi mobil ke bengkel terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut lanjut. 

Deteksi dini kecacatan pada Electric Power Steering adalah langkah awal untuk menjaga kenyamanan dan juga keamanan berkendara Anda. Dengan memperhatikan tanda-tanda tersebut, Anda dapat mengambil langkah-langkah preventif sebelum hambatan semakin parah. Jangan biarkan kendaraan Anda kehilangan senyum di dalam setiap putaran, serta berikan perawatan ekstra pada power steering elektrik untuk pengalaman berkendara yang tersebut tetap memperlihatkan menyenangkan.

(Sumber: Suara.com)