11 Tanda Gondongan pada Anak dan juga Cara Mengobatinya

11 Tanda Gondongan pada Anak serta juga Cara Mengobatinya

Rodafakta.com – JAKARTA Gondongan adalah penyakit virus menular yang disebabkan oleh sekelompok paramyxovirus, umum terjadi pada masa kanak-kanak. Kondisi ini memiliki gejala terdiri dari pembengkakan pada kelenjar parotis atau air liur, demam, kemudian nyeri badan.

MMR atau campak, gondong, rubella adalah tindakan pencegahan terhadap penyakit ini. Dokter mengungkapkan kebanyakan orang yang dimaksud terinfeksi dapat menyebarkan virus gondongan melalui beberapa cara.

Berikut cara gondangan menyebar dilansir dari Times Now News, Selasa (9/1/2024).

Cara Gondongan Menyebar

1. Bersin, batuk, atau berbicara
2. Berbagi benda yang dimaksud mengandung air liur yang
terinfeksi, seperti mainan, cangkir, serta peralatan
makan
3. Berolahraga, menari, berciuman, atau berpartisipasi di aktivitas lain yang digunakan melibatkan kontak dekat dengan orang lain

Ibu berisiko tambahan tinggi jikalau mereka itu terinfeksi pada trimester pertama kehamilannya sebagai komplikasi utama penyakit ini. Komplikasi lain lebih lanjut parah daripada orkitis kemudian lebih lanjut rutin terjadi pada orang yang digunakan bukan divaksinasi termasuk pankreatitis, meningitis, ensefalitis, kemudian miokarditis.

Tanda lalu Simptom Gondongan

Menurut Johns Hopkins Medicine, gejala awal penyakit gondongan seringkali bersifat liar, juga sejumlah orang tidak ada menunjukkan gejala serupa sekali. Gejalanya juga tidak ada dengan segera muncul. Sebab, masa inkubasi berkisar antara tujuh hingga 25 hari. Beberapa gejala ringan meliputi:

1. Demam
2. Sakit kepala
3. Nyeri otot
4. Kelelahan
5. Kehilangan selera makan
6. Kaku leher
7. Sakit kepala parah
8. Kebingungan
9. Sakit perut
10. Muntah
11. Kejang

(Sumber: SindoNews)

Baca juga:  Banyak Alat Aspek Kesehatan Ilegal Beredar di dalam Masyarakat, Begini Tips Ketahui Sistem yang tersebut Legal dan juga Aman